Sukses

Dukung Vaksinasi Anak Usia 6-11 Tahun, Sentra Vaksin Generasi Maju Diadakan di 3 Kota

Di masa pandemi COVID-19, vaksinasi pada anak menjadi modal besar untuk mempercepat pemulihan aktivitas anak, khususnya aktivitas pembelajaran.

Liputan6.com, Jakarta Di masa pandemi COVID-19, vaksinasi anak menjadi modal besar untuk mempercepat pemulihan aktivitas anak, khususnya aktivitas pembelajaran.

Seperti disampaikan Direktur Pencegahan dan Pengendalian Penyakit Menular Langsung, Kementerian Kesehatan Republik Indonesia, Dr. Siti Nadia Tarmizi, M.Epid, upaya pemerintah dalam meningkatkan kekebalan daya tahan tubuh anak agar bisa menghindarkan dirinya dan lingkungan sekitar dari terpapar virus corona, di manapun mereka berada.

"Anak-anak Indonesia merupakan masa depan bangsa yang perlu kita dukung dan lindungi bersama agar mereka dapat tumbuh maksimal menjadi generasi penerus yang maju," katanya, melalui keterangan pers, ditulis Senin (24/1/2022).

Untuk mendukung program pemerintah tersebut, Danone Indonesia bekerja sama dengan PT Indomarco Prismatama (Indomaret) menghadirkan Sentra Vaksin Generasi Maju khusus untuk vaksinasi COVID-19 bagi anak dan vaksin booster di Mal Neo Soho, Jakarta Barat.

Sentra Vaksin Generasi Maju yang merupakan bagian dari rangkaian kampanye “Indonesia Bangkit” akan berlangsung pada 20 - 24 Januari 2022 dengan menargetkan 5.000 peserta vaksin (2.500 peserta anak dan 2.500 peserta vaksinasi booster).

"Kami sangat menyambut positif kolaborasi dan dukungan dari berbagai pihak dalam upaya mendukung percepatan program vaksinasi COVID-19 di Indonesia demi tercapainya Herd Immunity. Kami sangat mengapresiasi dukungan dari semua pihak, termasuk pihak swasta seperti Danone Indonesia dan Indomaret melalui Sentra Vaksin Generasi Maju ini, untuk memastikan proses vaksinasi anak dapat berjalan dengan baik dan mencapai target yang telah ditetapkan demi Indonesia Bangkit," katanya.

 

 

 

 

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 2 halaman

Dilakukan di 3 kota besar

Sentra Vaksin Generasi Maju ini dilakukan beberapa kota di Indonesia, yaitu Jakarta, Yogyakarta dan Surabaya. Mengingat 3 kota besar tersebut masih menjadi fokus pemerintah dalam pengendalian kasus COVID-19. Seperti yang dikutip dari laman covid-19.go.id per 17 Januari 2022, Jakarta, Yogyakarta, Surabaya masuk dalam 10 daerah dengan kasus COVID-19 tertinggi, dimana DKI Jakarta sebesar 20,4% (870.362 kasus), Jawa Timur sebesar 16,6% (400.335 kasus) dan Daerah Istimewa Yogyakarta sebesar 3,7% (157.067 kasus).

Direktur Sekolah Dasar, Kementerian Pendidikan, Kebudayaan, Riset, dan Teknologi Republik Indonesia, Dra. Sri Wahyuningsih, M.Pd mengatakan, kegiatan vaksinasi anak di masa pandemi ini tidak hanya menjamin kesehatan anak dengan meningkatkan kekebalan daya tahan tubuhnya, namun juga dapat mendukung keamanan dan keselamatan anak dalam melaksanakan pembelajaran tatap muka dengan baik di sekolah.

"Kami berharap hadirnya Sentra Vaksin Generasi Maju yang diinisiasi oleh Danone Indonesia dan Indomaret ini dapat mendukung anak-anak sebagai investasi masa depan bangsa agar menjadi lebih sehat dan bisa lebih terjamin untuk tidak terkena infeksi COVID-19 ketika melakukan proses belajar mengajar di sekolah secara tatap muka. Tak lupa kami juga ingin selalu mengingatkan bahwa meskipun sudah divaksin, protokol kesehatan harus tetap diterapkan, karena penerapan protokol kesehatan dan vaksin merupakan satu kesatuan yang tidak boleh dipisahkan.”

Asisten Deputi Partisipasi Lembaga Profesi dan Dunia Usaha, Kementerian Pemberdayaan Perempuan dan Perlindungan Anak Republik Indonesia, Dra. Eko Novi Arianti R. D. M.Si juga menyambut dukungan dari pihak swasta.

Government & External Scientific Affairs Director Danone Indonesia, Rachmat Hidayat mengatakan, setiap anak Indonesia berhak memperoleh akses untuk tumbuh jadi generasi maju, sehingga berbagai dukungan untuk anak-anak Indonesia semakin dibutuhkan agar bisa maju, terlebih lagi di masa pandemi yang memberikan tantangan lebih besar dalam upaya memastikan kesehatan anak tetap terjaga dengan baik.”

“Inisiatif untuk menghadirkan Sentra Vaksin Generasi Maju sebagai salah satu rangkaian kampanye “Indonesia Bangkit” ini merupakan bentuk dukungan dan komitmen Danone Indonesia dengan berkolaborasi dengan berbagai pihak swasta lainnya seperti Indomaret dalam mendukung Pemerintah untuk memulihkan kesehatan dan kebangkitan Indonesia. Melalui inisiatif dan kolaborasi ini, diharapkan anak-anak dapat tumbuh sehat serta memiliki akses terhadap pendidikan yang dapat mendukung proses pemulihan pandemi serta kemajuan bangsa Indonesia.”

Senada dengan Danone Indonesia, Customer Relationship Management Executive Director Indomaret, Gondo Sudjoni memberikan dukungan bagi kesehatan anak-anak Indonesia dalam proses pemulihan pandemi. “Kegiatan ini penting sekali untuk menjaga keamanan dan keselamatan anak dari pandemi Covid-19,” imbuhnya. Terutama dalam mengikuti pembelajaran tatap muka, anak membutuhkan tameng untuk kekebalan tubuhnya. Untuk itu, kolaborasi bersama Danone Indonesia sebagai upaya untuk mendukung pemerintah dalam percepatan pemulihan dari pandemi didukung penuh oleh Indomaret.

Untuk bisa mengikuti program vaksinasi COVID-19 di Sentra Vaksin Generasi Maju yang berlokasi di Novo Atrium, Lantai LG, Mal Neo Soho, Jakarta Barat, para calon peserta vaksin baik itu anak-anak usia 6-11 tahun atau dewasa diatas 18 tahun, dapat mendaftarkan diri secara mudah melalui tautan bit.ly/vaksingenerasimaju.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.