Ramai-Ramai Orang Beli Minyak Goreng, Dokter Sebut Menu Makan Sehat Bisa Tanpa Itu

Oleh Ade Nasihudin Al Ansori pada 20 Jan 2022, 20:00 WIB
Diperbarui 20 Jan 2022, 20:00 WIB
Minyak Goreng Satu Harga Rp 14.000 per Liter Berlaku
Perbesar
Seorang pedagang menimbang minyak goreng curah di kiosnya Pasar Kebayoran Lama, Jakarta, Rabu (19/1/2022). Pemerintah resmi mengimplementasikan kebijakan minyak goreng satu harga Rp14.000 per liter untuk semua jenis kemasan mulai hari ini. (Liputan6.com/Johan Tallo)

Liputan6.com, Jakarta Program Minyak Goreng Satu Harga sesuai kebijakan Kementerian Perdagangan Republik Indonesia mendapat sambutan meriah dari warga terutama ibu rumah tangga.

Kebijakan ini bertujuan agar para peritel bisa menjual minyak goreng baik kemasan premium dan kemasan sederhana dengan harga setara yakni Rp 14.000 per liternya.

Terkait hal ini, dokter gizi komunitas Tan Shot Yen ikut angkat bicara. Dari sisi kesehatan, ia mengatakan bahwa menu makanan sehat tidak harus menggunakan minyak goreng.

“Rencanakan menu sehat tanpa perlu minyak goreng. Jadi enggak perlu tergantung pemerintah kasih harga bonus,” kata Tan kepada Health Liputan6.com Kamis (20/1/2022) melalui pesan singkat.

Simak Video Berikut Ini

Scroll down untuk melanjutkan membaca

Cara Masak yang Salah

Ia juga menyampaikan bahwa salah satu cara mengolah makanan yang salah adalah dengan proses menggoreng.

Di sisi lain, makan makanan yang digoreng dapat meningkatkan risiko penyakit. Dengan demikian, tidak menggunakan minyak goreng sama selain menghemat dompet juga menghemat biaya perawatan.

“Menghemat biaya sakit akibat cara masak yang salah, termasuk menggoreng.”

Scroll down untuk melanjutkan membaca

Isi Piringku

Alih-alih menyediakan menu yang digoreng Tan lebih menyarankan keluarga untuk memastikan menu sesuai gizi seimbang. Bahan-bahannya bisa didapat dari pasar lokal atau bahkan kebun sendiri.

“Selain itu, konsep ‘Isi Piringku’ bisa diterapkan, bukan hanya memberi kesehatan tapi juga penghematan.”

Konsep isi piringku meliputi makanan pokok, lauk-pauk, buah-buahan, dan sayuran. Didukung pula dengan cuci tangan pakai sabun sebelum makan, minum air 8 gelas sehari, dan aktivitas fisik 30 menit per hari.

Ia juga merekomendasikan beberapa menu makanan yang bebas dari penggunaan minyak goreng seperti pecel, lontong, tempe bacem, buntil, singkong rebus, sup kacang merah, ayam bakar, bening bayam, pepes ikan, capcay kuah, dan lain-lain.

 

Scroll down untuk melanjutkan membaca

Infografis Pemicu Harga Minyak Goreng Melonjak

Infografis Pemicu Harga Minyak Goreng Melonjak
Perbesar
Infografis Pemicu Harga Minyak Goreng Melonjak (Liputan6.com/Triyasni)
Lanjutkan Membaca ↓

POPULER

Berita Terkini Selengkapnya