Sukses

Menkes Budi: Kalau Vaksinasi Lansia Indonesia Sentuh 80 Persen, Super Hebat Sekali

Apabila vaksinasi lansia Indonesia bisa sentuh 80 persen, menurut Menkes Budi, itu sudah termasuk hebat.

Liputan6.com, Jakarta - Apabila vaksinasi lansia di Indonesia mampu menembus 80 persen, menurut Menteri Kesehatan RI Budi Gunadi Sadikin, hal itu termasuk sangat hebat. Terlebih vaksinasi lansia terbilang masih rendah, bahkan negara-negara lain juga mengalami kondisi serupa.

Berdasarkan data Vaksinasi COVID-19 Kementerian Kesehatan per 18 Januari 2022 pukul 18.00 WIB, cakupan vaksinasi lansia dosis pertama di angka 70,17 persen dan dosis 2 di angka 45,36 persen.

"Kenapa vaksinasi lansia rendah? Sebelum kewajiban vaksinasi anak, vaksinasi lansia juga memang rendah. Dan sebagai informasi, sebenarnya vaksinasi lansia di semua negara itu susah," ujar Budi Gunadi saat rapat kerja bersama Komisi IX DPR di Gedung DPR RI, Senayan, Jakarta, pada Selasa, 18 Januari 2022.

"Untuk ukuran kita di Indonesia bisa menyentuh sampai angka 80 persen itu sudah super hebat sekali. Saya rasa data transparan bisa dilihat pada website masing-masing negara."

Lebih lanjut, Budi Gunadi mengatakan, data vaksinasi COVID-19 juga bisa dilihat dari situs Our World in Data. Cakupan vaksinasi lansia pada banyak negara dengan cakupan total vaksinasi COVID-19 paling tinggi bertahan di angka 70-an persen.

"Datanya bisa dilihat di Our World in Data. Indonesia sekarang kan untuk vaksinasi lansia sudah masuk suntik pertama lebih dari 70 persen. Di Amerika Serikat saja, vaksinasi lansia bertahan di 74 persen, enggak gerak-gerak," imbuhnya.

 

** #IngatPesanIbu 

Pakai Masker, Cuci Tangan Pakai Sabun, Jaga Jarak dan Hindari Kerumunan.

Selalu Jaga Kesehatan, Jangan Sampai Tertular dan Jaga Keluarga Kita.

#sudahdivaksintetap3m #vaksinmelindungikitasemua

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 3 halaman

Tidak Ada Negara dengan Cakupan Vaksinasi Lansia 100 Persen

Dalam paparan di hadapan Komisi IX, Budi Gunadi Sadikin memaparkan, saat ini ada 22 provinsi yang cakupan vaksinasi lansia dosis 1 lebih dari 60 persen. Tertinggi ketiga disentuh oleh DKI Jakarta (103,43 persen), Bali (83,93 persen), dan Yogyakarta (82,34 persen).

Jika dilihat dari cakupan per kabupaten/kota, vaksinasi lansia dosis 1 di angka 63,23 persen dan dosis 2 di angka 36,72 persen.

"Buat pertandingan, kalau kita mau nge-charge 100 persen (vaksinasi lansia), setahu saya enggak ada satupun negara yang bisa, kecuali mungkin ya Singapura," tandas Menkes Budi Gunadi.

"Tapi Singapura aja 90-an persen. Kalau negara besar paling tinggi mungkin Tiongkok. Kalau bisa 'dipaksa' ya bisa 80 persen, yang lainnya levelnya 70-an persen."

3 dari 3 halaman

Infografis 5 Tips Perkuat Sistem Kekebalan Tubuh Lansia Cegah Covid-19

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.