Sedang Stres? 7 Cara Cepat Ini Teruji Bantu Jadi Lebih Rileks

Oleh Liputan6.com pada 24 Jan 2022, 20:00 WIB
Diperbarui 24 Jan 2022, 20:00 WIB
[Fimela] Jiwa tenang
Perbesar
Ilustrasi hidup tak bisa lepas dari stres. Namun bisa diolah agar lebih tahan dan rileks terhadap kondisi tersebut. | unsplash.com/@morsha

Liputan6.com, Jakarta - Mencoba menyeimbangkan karier, hubungan, kehidupan sosial, keluarga, dan gaya hidup modern bisa menjadi sangat rumit dan membuat stres. Namun, kala stres sudah mendera untuk melemaskan lagi kadang sulit. 

Padahal, dengan membuat tubuh menjadi rileks, pikiran dan tubuh jadi tenang.

Berikut adalah beberapa tips dan strategi bermanfaat untuk bersantai yang dapat membuat Anda tenang dalam waktu kurang dari 15 menit, dilansir dari YourTango.

 

Scroll down untuk melanjutkan membaca

1. Meditasi

Meditasi diketahui memungkinkan kita untuk mengamati pikiran dan emosi dengan cara yang terpisah dan tidak menghakimi.

Psikolog Robbie Maller Hartman Ph.D. mengatakan, bahwa meditasi setiap hari dapat mengubah jalur saraf otak, membuat Anda lebih tahan terhadap stres.

Bermeditasi selama 10 menit setiap hari dapat secara signifikan mengurangi stres dan kecemasan secara instan. Studi juga telah menemukan bahwa meditasi tidak hanya dapat membantu mengurangi stres, latihan meditasi secara teratur juga dapat meminimalkan risiko penyakit kardiovaskular.

2. Mendengarkan musik

Menurut sebuah studi tahun 2017, mendengarkan musik minimal 20 menit dapat menurunkan tingkat stres secara luar biasa. 

Studi lain tahun 2015 menemukan bahwa mendengar musik dapat memberikan efek instan untuk menenangkan pada pikiran dan tubuh. 

Selain itu, mendengarkan musik favorit Anda juga dapat mengurangi kecemasan, detak jantung, dan tekanan darah. Anda juga dapat mendengarkan lagu yang lebih bersemangat dan optimis untuk meningkatkan mood Anda.

Scroll down untuk melanjutkan membaca

3. Cobalah hidroterapi

Memercikkan air dingin ke wajah dan titik nadi dapat membantu Anda mendinginkan suhu tubuh dan membuat Anda merasa berenergi. 

4. Dapatkan sinar matahari

Keluarlah dari rumah atau kantor Anda sebentar dan rasakan hangatnya sinar matahari di kulit Anda. Vitamin D dari sinar matahari dapat mengangkat mood Anda secara instan.

5. Mengunyah permen karet

Menurut jurnal tahun 2015, mengunyah permen karet dapat membantu Anda menjauhkan stres dan meningkatkan produktivitas serta suasana hati Anda.

Scroll down untuk melanjutkan membaca

6. Peregangan

Alih-alih melakukan sesi yoga selama satu jam, Anda dapat meregangkan bagian tubuh tertentu saat bepergian untuk meredakan ketegangan tubuh dan mengendurkan otot-otot.

Anda juga dapat mencoba menghirup udara segar sambil menggerakkan tubuh Anda hanya selama 10 menit, atau memijat tangan Anda selama 5 menit.

7. Menghabiskan waktu bersama hewan peliharaan

Menurut penelitian, menghabiskan waktu dengan hewan peliharaan Anda dapat membantu mengurangi tingkat stres dan kecemasan secara instan.

Sekarang setelah Anda tahu cara bersantai dan menghilangkan stres bahkan di saat-saat paling sulit. Pastikan untuk mengikuti strategi-strategi tersebut bila memungkinkan selama jadwal sehari-hari Anda.

 

 

Reporter: Lianna Leticia

Scroll down untuk melanjutkan membaca

Infografis Mengetahui 6 Jenis Diet yang Populer

Infografis Mengetahui 6 Jenis Diet yang Populer
Perbesar
Infografis Mengetahui 6 Jenis Diet yang Populer. (Liputan6.com/Abdillah)
Lanjutkan Membaca ↓

POPULER

Berita Terkini Selengkapnya