Sukses

Sedang Stres? 7 Cara Cepat Ini Teruji Bantu Jadi Lebih Rileks

Stres telah menjadi bagian yang tidak terpisahkan dari kehidupan kita sehari-hari saat ini. Inilah sebabnya mengapa sangat penting bagi kita untuk menjadikan relaksasi sebagai kebiasaan sehari-hari juga.

Liputan6.com, Jakarta - Mencoba menyeimbangkan karier, hubungan, kehidupan sosial, keluarga, dan gaya hidup modern bisa menjadi sangat rumit dan membuat stres. Namun, kala stres sudah mendera untuk melemaskan lagi kadang sulit. 

Padahal, dengan membuat tubuh menjadi rileks, pikiran dan tubuh jadi tenang.

Berikut adalah beberapa tips dan strategi bermanfaat untuk bersantai yang dapat membuat Anda tenang dalam waktu kurang dari 15 menit, dilansir dari YourTango.

 

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 5 halaman

1. Meditasi

Meditasi diketahui memungkinkan kita untuk mengamati pikiran dan emosi dengan cara yang terpisah dan tidak menghakimi.

Psikolog Robbie Maller Hartman Ph.D. mengatakan, bahwa meditasi setiap hari dapat mengubah jalur saraf otak, membuat Anda lebih tahan terhadap stres.

Bermeditasi selama 10 menit setiap hari dapat secara signifikan mengurangi stres dan kecemasan secara instan. Studi juga telah menemukan bahwa meditasi tidak hanya dapat membantu mengurangi stres, latihan meditasi secara teratur juga dapat meminimalkan risiko penyakit kardiovaskular.

2. Mendengarkan musik

Menurut sebuah studi tahun 2017, mendengarkan musik minimal 20 menit dapat menurunkan tingkat stres secara luar biasa. 

Studi lain tahun 2015 menemukan bahwa mendengar musik dapat memberikan efek instan untuk menenangkan pada pikiran dan tubuh. 

Selain itu, mendengarkan musik favorit Anda juga dapat mengurangi kecemasan, detak jantung, dan tekanan darah. Anda juga dapat mendengarkan lagu yang lebih bersemangat dan optimis untuk meningkatkan mood Anda.

3 dari 5 halaman

3. Cobalah hidroterapi

Memercikkan air dingin ke wajah dan titik nadi dapat membantu Anda mendinginkan suhu tubuh dan membuat Anda merasa berenergi. 

4. Dapatkan sinar matahari

Keluarlah dari rumah atau kantor Anda sebentar dan rasakan hangatnya sinar matahari di kulit Anda. Vitamin D dari sinar matahari dapat mengangkat mood Anda secara instan.

5. Mengunyah permen karet

Menurut jurnal tahun 2015, mengunyah permen karet dapat membantu Anda menjauhkan stres dan meningkatkan produktivitas serta suasana hati Anda.

4 dari 5 halaman

6. Peregangan

Alih-alih melakukan sesi yoga selama satu jam, Anda dapat meregangkan bagian tubuh tertentu saat bepergian untuk meredakan ketegangan tubuh dan mengendurkan otot-otot.

Anda juga dapat mencoba menghirup udara segar sambil menggerakkan tubuh Anda hanya selama 10 menit, atau memijat tangan Anda selama 5 menit.

7. Menghabiskan waktu bersama hewan peliharaan

Menurut penelitian, menghabiskan waktu dengan hewan peliharaan Anda dapat membantu mengurangi tingkat stres dan kecemasan secara instan.

Sekarang setelah Anda tahu cara bersantai dan menghilangkan stres bahkan di saat-saat paling sulit. Pastikan untuk mengikuti strategi-strategi tersebut bila memungkinkan selama jadwal sehari-hari Anda.

 

 

Reporter: Lianna Leticia

5 dari 5 halaman

Infografis Mengetahui 6 Jenis Diet yang Populer

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.