Sukses

Cakupan Vaksinasi COVID-19 Anak Usia 6-11 Diperluas hingga Seluruh Kabupaten/Kota

Juru Bicara Vaksinasi COVID-19 Kementerian Kesehatan Republik Indonesia (Kemenkes RI) Siti Nadia Tarmizi mengatakan bahwa vaksinasi anak usia 6-11 kini bisa didapat di seluruh kabupaten/kota.

Liputan6.com, Jakarta - Juru Bicara Vaksinasi COVID-19 Kementerian Kesehatan Republik Indonesia (Kemenkes RI) Siti Nadia Tarmizi mengatakan bahwa vaksinasi anak usia 6-11 kini bisa didapat di seluruh kabupaten/kota.

“Vaksinasi untuk anak sudah kita laksanakan sejak 14 Desember khususnya untuk anak usia 6-11 tahun dan saat ini vaksinasi untuk anak 6-11 tahun sudah dapat dilakukan di seluruh kabupaten/kota,” kata Nadia dalam seminar daring Sinovac, Minggu (16/1/2022).

Menurutnya, saat ini vaksinasi anak usia 6-11 tidak tergantung dengan cakupan vaksinasi dewasa. Sebelumnya, wilayah yang dapat melakukan vaksinasi anak usia 6-11 hanya wilayah yang cakupan vaksinasi dewasanya mencapai 70 persen dan cakupan vaksinasi lanjut usia (lansia) minimal 60 persen.

Dengan kata lain, kini wilayah yang tidak memenuhi kriteria capaian vaksinasi dewasa di atas pun sudah dapat menjalankan vaksinasi anak usia 6-11.

“Vaksinasi anak usia 6-11 sampai saat ini jenis vaksin yang digunakan adalah vaksin yang sudah mendapat izin dari Badan Pengawas Obat dan Makanan (BPOM) yakni Sinovac.”

Maka dari itu, lanjut Nadia, untuk percepatan vaksinasi, pihaknya akan memprioritaskan penggunaan vaksin Sinovac bagi pemenuhan dosis kedua untuk penerima vaksin usia di atas 11 dan anak usia 6-11.

Simak Video Berikut Ini

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 2 halaman

Infografis 5 Cara Penanganan Dini KIPI pada Anak Pasca-Vaksinasi COVID-19

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.