Indonesia Terima Donasi 1,8 Juta Vaksin AstraZeneca dari COVAX

Oleh Fitri Haryanti Harsono pada 12 Jan 2022, 17:00 WIB
Diperbarui 12 Jan 2022, 17:00 WIB
Indonesia Kedatangan Vaksin AstraZeneca
Perbesar
Pada Selasa, 11 Januari 2022 malam, Indonesia kedatangan tahap ke-193 di Bandara Soekarno-Hatta, Tangerang sebanyak 1.847.700 dosis vaksin AstraZeneca. (Dok Taofiq Rauf/InfoPublik/Kominfo Newsroom)

Liputan6.com, Jakarta - Indonesia kembali menerima donasi dari COVAX Facility berjumlah 1.847.700 dosis vaksin AstraZeneca. Vaksin yang tiba di Bandara Soekarno-Hatta, Tangerang pada Selasa, 11 Januari 2022 malam merupakan kedatangan tahap ke 193.

"Kedatangan ini sekaligus menandai keberhasilan diplomasi multilateral Indonesia dalam penanganan pandemi, termasuk di dalamnya tentang ketersediaan vaksin," kata Direktur Jenderal Informasi dan Komunikasi Publik Kementerian Komunikasi dan Informatika RI Usman Kansong dalam pernyataan tertulis yang diterima Health Liputan6.com, Rabu (12/1/2022).

Di tingkat regional, Usman melanjutkan, Indonesia termasuk salah satu negara di ASEAN yang menjadi pelopor mengatasi pandemi COVID-19. Indonesia memimpin dan mendorong berbagai inisiatif ASEAN mengatasi pandemi dan memperkuat mekanisme ketahanan kesehatan ASEAN.

Sementara itu, Indonesia aktif mengkampanyekan kesetaraan akses vaksin COVID-19 bagi seluruh negara di dunia melalui COVAX.

"Indonesia berperan aktif dalam upaya menyetarakan akses vaksin bagi negara-negara di dunia," lanjut Usman.

 

** #IngatPesanIbu 

Pakai Masker, Cuci Tangan Pakai Sabun, Jaga Jarak dan Hindari Kerumunan.

Selalu Jaga Kesehatan, Jangan Sampai Tertular dan Jaga Keluarga Kita.

#sudahdivaksintetap3m #vaksinmelindungikitasemua

Scroll down untuk melanjutkan membaca

Vaksin COVID-19 Terus Didatangkan

Sentra Vaksinasi Covid-19 bagi PKL dan Pelaku UMKM
Perbesar
Suasana Sentra Vaksinasi Covid-19 di GOR Kemayoran, Kamis (3/6/2021). Pemkot Jakarta Pusat menggelar Sentra Vaksinasi Covid-19 untuk PKL, karyawan ritel, dan pelaku UMKM di GOR Kemayoran guna memberikan kekebalan kelompok (herd immunity) di sektor perekonomian. (merdeka.com/Iqbal S Nugroho)

Menutup akhir 2021, Indonesia telah melampaui target Organisasi Kesehatan Dunia (WHO) dengan melakukan vaksinasi COVID-19 terhadap lebih dari 40 persen penduduk.

"Kita patut bersyukur dengan capaian itu," tutur Usman Kansong.

Melanjutkan upaya yang dilakukan pada 2021, Indonesia menargetkan pada 2022 tercapai 70 persen populasi yang telah divaksinasi. Pemerintah secara konsisten terus mendatangkan vaksin untuk memenuhi kebutuhan program vaksinasi.

"Tak lupa, kami menyampaikan terima kasih dan apresiasi sebesar-besarnya kepada seluruh pihak yang terlibat dalam program vaksinasi nasional dan juga kepada masyarakat," ucap Usman.

Vaksinasi menjadi salah satu kunci untuk melindungi diri dan bangsa dari ancaman COVID-19. Tercapainya herd immunity di Indonesia bisa meningkatkan kemampuan bangsa untuk segera keluar dari pandemi yang telah berlangsung dua tahun ini.

Scroll down untuk melanjutkan membaca

Infografis 5 Cara Lindungi Diri dan Cegah Penyebaran Covid-19 Varian Omicron

Infografis 5 Cara Lindungi Diri dan Cegah Penyebaran Covid-19 Varian Omicron. (Liputan6.com/Trieyasni)
Perbesar
Infografis 5 Cara Lindungi Diri dan Cegah Penyebaran Covid-19 Varian Omicron. (Liputan6.com/Trieyasni)
Lanjutkan Membaca ↓

POPULER

Berita Terkini Selengkapnya