Sukses

Anak Terlalu Sering Lihat Konten Spirit Doll, Psikolog Ingatkan Bahayanya

Jika anak terpapar atau mencari tahu lebih banyak tentang spirit doll hal ini bisa membuat dia mempercayai keyakinan yang salah dan bertentangan dengan kenyataan.

Liputan6.com, Jakarta Konten seputar spirit doll banyak beredar di media sosial maupun group WhatsApp. Konten-konten yang beredar banyak yang memperlakukan boneka bak makhluk hidup. Mulai dari memberi makan dan minum, bahkan ada yang entah benar atau tidak sampai memiliki baby sitter.

Jika anak terpapar atau mencari tahu lebih banyak tentang spirit doll hal ini bisa membuat dia mempercayai keyakinan yang salah dan bertentangan dengan kenyataan seperti diungkapkan psikolog Kasandra Putranto.

"Karena otaknya yang belum berkembang penuh, anak-anak cenderung untuk mempercayai apapun yang dilihat baik secara online ataupun langsung," ujar Kasandra mengutip Antara, Minggu (9/1/2022).

Meski begitu, anak yang menonton konten seputar spirit doll tak otomatis mengembangkan delusi yang merupakan bagian gangguan psikotik. Delusi adalah suatu kondisi seseorang mempercayai hal tidak nyata dan tidak sesuai dengan keadaan sebenarnya.

Untuk terjadinya gangguan psikotik itu melibatkan banyak faktor seperti genetik, pola asuh, tekanan atau trauma seperti disampaikan Kasandra.

Guna mencegah hal yang merugikan anak, Kasandra menyarankan agar orangtua mengawasi aktivitas mereka. Termasuk saat anak menonton konten terkait spirit doll.

 

Video

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 2 halaman

Tren Spirit Doll di RI

Spirit doll atau boneka arwah tengah menjadi perbincangan di Indonesia setelah artis dan pengguna beberapa pengguna Tiktok memamerkannya di sosial media.

Beberapa spirit doll disebut-sebut udah diisi arwah yang katanya bisa mengetahui suasana hati pemiliknya.

Beberapa pesohor yang kerap memperlihatkan spirit dol diantaranya Celine Evangelista, Roy Kiyoshi, Lucinta Luna, Nora Alexandra hingga Ivan Gunawan.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.