Sukses

Spirit Doll dari Kacamata Pembuatnya, Benarkah Bisa Menjadi Teman?

Spirit Doll atau yang dijuluki boneka arwah apakah benar-benar bisa menjadi teman

Liputan6.com, Jakarta - Spirit doll yang akhir-akhir ini ngetren di sejumlah kalangan para pesohor adalah boneka yang umumnya berbentuk anak kecil, dan dipercayai berisi sesosok arwah. 

Ini yang membuat benda tersebut dijuluki sebagai boneka arwah.

Menurut pembuat boneka, Julia Inglis, spirit doll adalah benda kuno yang dicintai banyak budaya di seluruh dunia.

“Membuat boneka arwah berarti terlibat dalam seni penyembuhan dan pesona untuk menenun kehidupan dan cinta menjadi sebuah ciptaan dengan membuat sesuatu hanya dengan tangan dengan bahan-bahan dari alam,” kata Julia mengutip tulisannya di situs Sacred Familiar.

Boneka karya Julia terbuat dari bahan seperti serat dari alam dan dibuat dengan tangannya sendiri. Sedang, boneka arwah yang kini tengah viral diperbincangkan terlihat lebih realistis dan bukan buatan tangan.

“Saya bersemangat untuk merangkul dan menghormati kerajinan tangan rakyat dari nenek (moyang) kita yang telah dilupakan atau lebih buruk lagi, telah disalahpahami,” katanya.

Simak Video Berikut Ini

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 4 halaman

Untuk yang Hidup dan yang Mati

Perempuan asal Australia ini menetap di rumah dekat hutan dan membuat boneka setiap hari. Setiap boneka memiliki cerita dari arwah-arwah yang menginspirasinya.

“Saya mulai membuat boneka untuk yang hidup dan yang mati.”

Ia pun mulai meninggalkan beberapa boneka di tempat yang memiliki sejarah pilu seperti penjara perempuan di Magdalene Laundries Irlandia. Ini dilakukan untuk menjadi penghibur roh-roh di tempat tersebut, katanya.

“Keseimbangan boneka untuk yang hidup dan yang mati tampaknya menjadi cara saya mengembalikan warisan spiritual saya. Cara lain adalah dengan meninggalkan boneka di alam atau di hutan sebagai hadiah bagi siapapun yang menemukannya.”

3 dari 4 halaman

Menjadi Teman

Julia menambahkan, boneka arwah bisa menjadi cermin atau jembatan ke bagian kuat dari diri seseorang yang mungkin tidak bisa diekspresikan.

“Dia (boneka arwah) adalah seorang teman dan semakin banyak waktu yang Anda habiskan dengan teman ini, semakin Anda mencintai mereka.”

Boneka arwah tinggal bersama pemiliknya setiap hari, melalui saat-saat baik dan buruk. Dengan boneka itu, pemiliknya dapat mulai merasakan semangat hidup.

“Anda kemudian mengenali cinta ini sebagai bagian dari semangat Anda sendiri dan cinta untuk boneka itu mulai mengalir kembali darinya kepada Anda. Anda melihat bahwa Anda juga makhluk ajaib, cantik dan kreatif,” kata Julia.

 

4 dari 4 halaman

Infografis 6 Cara Efektif Hadapi Potensi Penularan COVID-19 Varian Omicron

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.