Spirit Doll dari Kacamata Pembuatnya, Benarkah Bisa Menjadi Teman?

Oleh Ade Nasihudin Al Ansori pada 05 Jan 2022, 17:16 WIB
Diperbarui 05 Jan 2022, 17:16 WIB
Ilustrasi spirit doll
Perbesar
Ilustrasi spirit doll Foto oleh İsra Nilgün Yılmaz dari Pexels

Liputan6.com, Jakarta - Spirit doll yang akhir-akhir ini ngetren di sejumlah kalangan para pesohor adalah boneka yang umumnya berbentuk anak kecil, dan dipercayai berisi sesosok arwah. 

Ini yang membuat benda tersebut dijuluki sebagai boneka arwah.

Menurut pembuat boneka, Julia Inglis, spirit doll adalah benda kuno yang dicintai banyak budaya di seluruh dunia.

“Membuat boneka arwah berarti terlibat dalam seni penyembuhan dan pesona untuk menenun kehidupan dan cinta menjadi sebuah ciptaan dengan membuat sesuatu hanya dengan tangan dengan bahan-bahan dari alam,” kata Julia mengutip tulisannya di situs Sacred Familiar.

Boneka karya Julia terbuat dari bahan seperti serat dari alam dan dibuat dengan tangannya sendiri. Sedang, boneka arwah yang kini tengah viral diperbincangkan terlihat lebih realistis dan bukan buatan tangan.

“Saya bersemangat untuk merangkul dan menghormati kerajinan tangan rakyat dari nenek (moyang) kita yang telah dilupakan atau lebih buruk lagi, telah disalahpahami,” katanya.

**Gempa Cianjur telah meluluhlantakkan Bumi Pasundan, mari bersama-sama meringankan penderitaan saudara-saudara kita di Cianjur dengan berdonasi melalui: rekening BCA No: 500 557 2000 A.N Yayasan Pundi Amal Peduli Kasih. Bantuan akan disampaikan dalam bentuk sembako, layanan kesehatan, tenda, dll. Kepedulian kita harapan mereka.

Simak Video Berikut Ini


Untuk yang Hidup dan yang Mati

Perempuan asal Australia ini menetap di rumah dekat hutan dan membuat boneka setiap hari. Setiap boneka memiliki cerita dari arwah-arwah yang menginspirasinya.

“Saya mulai membuat boneka untuk yang hidup dan yang mati.”

Ia pun mulai meninggalkan beberapa boneka di tempat yang memiliki sejarah pilu seperti penjara perempuan di Magdalene Laundries Irlandia. Ini dilakukan untuk menjadi penghibur roh-roh di tempat tersebut, katanya.

“Keseimbangan boneka untuk yang hidup dan yang mati tampaknya menjadi cara saya mengembalikan warisan spiritual saya. Cara lain adalah dengan meninggalkan boneka di alam atau di hutan sebagai hadiah bagi siapapun yang menemukannya.”


Menjadi Teman

Julia menambahkan, boneka arwah bisa menjadi cermin atau jembatan ke bagian kuat dari diri seseorang yang mungkin tidak bisa diekspresikan.

“Dia (boneka arwah) adalah seorang teman dan semakin banyak waktu yang Anda habiskan dengan teman ini, semakin Anda mencintai mereka.”

Boneka arwah tinggal bersama pemiliknya setiap hari, melalui saat-saat baik dan buruk. Dengan boneka itu, pemiliknya dapat mulai merasakan semangat hidup.

“Anda kemudian mengenali cinta ini sebagai bagian dari semangat Anda sendiri dan cinta untuk boneka itu mulai mengalir kembali darinya kepada Anda. Anda melihat bahwa Anda juga makhluk ajaib, cantik dan kreatif,” kata Julia.

 


Infografis 6 Cara Efektif Hadapi Potensi Penularan COVID-19 Varian Omicron

Infografis 6 Cara Efektif Hadapi Potensi Penularan Covid-19 Varian Omicron. (Liputan6.com/Abdillah)
Perbesar
Infografis 6 Cara Efektif Hadapi Potensi Penularan Covid-19 Varian Omicron. (Liputan6.com/Abdillah)
Lanjutkan Membaca ↓

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

POPULER

Berita Terkini Selengkapnya