Sukses

Boneka Suzan, Spirit Doll Paling Cerewet Versi Joshua Suherman

Joshua Suherman pamer spirit doll versinya yang tak lain adalah boneka Suzan

Liputan6.com, Jakarta - Beberapa artis Tanah Air mengadopsi boneka anak kecil yang sering disebut spirit doll. Segelintir orang memercayai bahwa sebenarnya itu adalah boneka arwah.

Boneka ini bahkan diperlakukan layaknya anak sendiri. Dari diajak bicara, digendong dengan hati-hati, ada pula yang memberinya makan seolah bayi sungguhan.

Sebagian orang mempercayai bahwa spirit doll dapat membawa keberuntungan dan memang berisi arwah.

Di tengah viralnya isu spirit doll, mantan artis cilik, Joshua Suherman, membagikan foto kenangan bersama boneka Suzan dan pemiliknya Ria Enes. Foto yang diunggah di akun Instagram pribadinya itu dibubuhi dengan keterangan singkat.

Spririt Doll paling cerewet,” tulisnya.

Boneka Suzan adalah boneka yang populer di era 90-an. Pemiliknya, Ria Enes, memainkan boneka Suzan dan memberi dubbing dengan keterampilan mengubah suara. Sehingga, seolah-olah Suzan yang digambarkan sebagai anak perempuan bisa bicara bahkan bernyanyi.

Simak Video Berikut Ini

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 4 halaman

Spirit Doll Versi Thailand

Spirit doll yang umumnya berbentuk boneka anak kecil juga sempat viral di Thailand sekitar 2016. Boneka-boneka itu disebut luk thep atau secara harfiah diterjemahkan sebagai anak malaikat. Dan orang-orang percaya bahwa mereka membawa keberuntungan sehingga dimanjakan oleh pemiliknya seolah-olah mereka adalah anak sungguhan.

Setelah membeli boneka, pemiliknya membawanya ke seorang biksu yang melakukan doa dan upacara yang dikenal sebagai plook sek seperti dilansir dari BBC.

Doa semacam itu biasanya digunakan untuk memberkati jimat keberuntungan, yang juga populer di Thailand, di mana kepercayaan kuno tentang sihir masih lazim.

Dalam kasus luk thep, itu sering dianggap sebagai cara menghidupkan boneka, di mana roh pengembara diundang untuk menghuninya dan memberinya jiwa.

3 dari 4 halaman

Perlakuan Istimewa

Saking istimewanya, maskapai penerbangan Thai Smile Airways sempat mengumumkan bahwa penumpang dapat membeli tiket untuk boneka yang akan mendapatkan kursi, makanan ringan, dan minuman mereka sendiri.

Perlakuan istimewa pada spirit doll sempat mendapat reaksi dan peringatan dari otoritas Thailand. Para pejabat sejak itu turun tangan.

"Berdasarkan aturan penerbangan internasional, penumpang adalah manusia. Jadi maskapai penerbangan tidak diperbolehkan menjual tiket boneka," kata juru bicara Otoritas Penerbangan Sipil Thailand seperti dilaporkan The Bangkok Post mengutip BBC.com, Rabu (5/1/2022).

Penumpang dapat membeli kursi kedua dengan nama mereka dan menempatkan luk theps mereka di sana, tambahnya.

4 dari 4 halaman

Infografis Anak Indonesia Usia 6-11 Tahun Siap Terima Vaksin COVID-19

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.