Sukses

Donasi 3,5 Juta Vaksin AstraZeneca Tiba di Indonesia

Sebanyak 3,5 juta vaksin AstraZeneca tiba dalam dua tahap kedatangan.

Liputan6.com, Jakarta Indonesia menerima donasi 3.566.400 dosis vaksin AstraZeneca dari COVAX Facility di Bandara Soekarno-Hatta, Tangerang. Donasi ini tiba dalam dua kedatangan vaksin COVID-19, yaitu tahap 188 pada Senin (3/1/2022) dan tahap 189 pada Selasa (4/1/2022).

"Upaya mendapatkan vaksin melalui jalur bilateral telah ditempuh pemerintah Indonesia melalui Kementerian Luar Negeri sejak awal pandemi," kata Juru Bicara Kementerian Kesehatan RI Siti Nadia Tarmizi melalui pernyataan tertulis yang diterima Health Liputan6.com, Selasa (4/1/2022) malam.

Sejak awal pandemi COVID-19, Indonesia telah aktif menjalin kerja sama internasional dan multilateral, termasuk WHO Access to COVID-19 Tools (ACT) Accelerator COVAX Facility. COVAX atau COVID-19 Vaccines Global Access sendiri merupakan sebuah inisiatif global yang ditujukan untuk akses setara untuk vaksin-vaksin COVID-19.

"Diupayakan terjadinya kesetaraan akses terhadap vaksin bagi bangsa-bangsa di dunia. Atas upaya tersebut, Indonesia telah mendapatkan komitmen bantuan dari COVAX untuk memenuhi sebagian kebutuhan vaksin bagi penduduk Indonesia," lanjut Nadia.

Kerja sama antar negara-negara di dunia sangat penting dalam upaya penanganan COVID-19 yang telah memakan sangat banyak korban jiwa ini. Vaksinasi adalah salah satu kunci melindungi diri dan bangsa dari ancaman COVID-19.

Tercapainya herd immunity di Indonesia bisa meningkatkan kemampuan bangsa kita untuk segera keluar dari pandemi COVID-19 yang telah berlangsung nyaris dua tahun ini.

 

** #IngatPesanIbu 

Pakai Masker, Cuci Tangan Pakai Sabun, Jaga Jarak dan Hindari Kerumunan.

Selalu Jaga Kesehatan, Jangan Sampai Tertular dan Jaga Keluarga Kita.

#sudahdivaksintetap3m #vaksinmelindungikitasemua

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 3 halaman

Capaian Vaksinasi Perlu Dioptimalkan

Vaksin COVID-19 yang datang, terang Siti Nadia Tarmizi, akan secepatnya didistribusikan ke wilayah-wilayah yang membutuhkan stok vaksin untuk pelaksanaan program vaksinasi. Hingga saat ini, Indonesia telah melampaui target WHO untuk capaian vaksinasi.

"Meski begitu, ada beberapa wilayah yang capaiannya masih perlu dioptimalkan. Pemerintah pusat mendorong daerah-daerah yang capaian vaksinasinya masih rendah atau belum mencapai target, melakukan upaya ekstra untuk meningkatkannya," ucapnya.

"Termasuk di dalamnya adalah memberikan pemahaman dan ajakan kepada masyarakat yang masih enggan untuk divaksinasi, terutama bagi kelompok lansia yang masuk kategori rentan dan berisiko tinggi."

Sebelumnya, Indonesia menerima kedatangan vaksin COVID-19 sebanyak hampir 1 juta dosis vaksin Pfizer donasi dari Pemerintah Italia.

“Kedatangan pertama vaksin COVID-19 di Indonesia pada 2022 kita terima pada 1 Januari 2022. Vaksin yang tiba adalah 999.180 dosis vaksin Pfizer, sebagai bentuk dukungan dari Pemerintah Italia,” papar Direktur Jenderal Informasi dan Komunikasi Publik Kementerian Komunikasi dan Informatika RI Usman Kansong, Sabtu (1/1/2022).

"Vaksin yang mendarat di Jakarta ini didapatkan melalui skema kerja sama COVAC."

3 dari 3 halaman

Infografis Tips Pilih Masker Medis Asli dan Aman Cegah Covid-19

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.