Sukses

Antisipasi Lonjakan COVID-19, Kemenkes Siapkan Tempat Tidur, Oksigen hingga Obat Molnupiravir

Menteri Kesehatan Budi Gunadi Sadikin menyampaikan bahwa antisipasi lonjakan COVID-19 telah disiapkan salah satunya terkait jumlah tempat tidur di rumah sakit.

Liputan6.com, Jakarta Menteri Kesehatan RI Budi Gunadi Sadikin menyampaikan bahwa untuk mengantisipasi lonjakan COVID-19 telah disiapkan bbeberapa hal. Salah satunya terkait jumlah tempat tidur di rumah sakit.

“Jumlah tempat tidur di Indonesia ada sekitar 400 ribu, 30 persennya 120 ribu kita dedikasikan untuk COVID-19 sekarang yang terisi 2.400-2.500-an jadi masih ada room lebih dari 110 ribu,” kata Budi dalam konferensi pers Pemberlakuan Pembatasan Kegiatan Masyarakat (PPKM) Senin (3/1/2022).

Selain menyediakan rumah sakit, kebutuhan oksigen juga dipersiapkan.

 

** #IngatPesanIbu 

Pakai Masker, Cuci Tangan Pakai Sabun, Jaga Jarak dan Hindari Kerumunan.

Selalu Jaga Kesehatan, Jangan Sampai Tertular dan Jaga Keluarga Kita.

#sudahdivaksintetap3m #vaksinmelindungikitasemua

Simak Video Berikut Ini

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 4 halaman

Menyiapkan Oksigen

Belajar dari lonjakan sebelumnya, kebutuhan oksigen per hari normalnya 700 ton. Ini mengalami kenaikan menjadi 2.200 ton.

“Sekarang persiapan yang dilakukan, kita sejak puncak Juli kemarin sudah mendatangkan 16 ribu oksigen konsentrator yang sudah kita kirim ke seluruh rumah sakit di seluruh Indonesia terutama yang akses oksigennya susah.”

Jumlah ini setara dengan 800 ton per hari. Alat ini tinggal dihubungkan ke sumber listrik dan akan mengeluarkan oksigen.

“Kita juga sudah menerima dan sekarang sedang memasang (70 persen selesai) 31 oxygen generator. Ini oksigen besar yang bisa mensuplai satu rumah sakit dan juga bisa mengisi tabung, itu juga sudah kita siapkan.”

3 dari 4 halaman

Siapkan Obat Molnupiravir

Persiapan selanjutnya adalah obat COVID-19 Molnupiravir yang terbukti bisa mengurangi laju pasien dengan saturasi di atas 94 persen masuk rumah sakit.

“Hari ini kita akan kedatangan Molnupiravir impor, kita simpan dulu kalau nanti ada apa-apa kita sudah siapkan obatnya,” kata Budi.  

 

4 dari 4 halaman

Infografis Libur Natal dan Tahun Baru, Ini 5 Langkah Cegah Lonjakan COVID-19

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.