Sukses

Intip 6 Daftar Makanan untuk Menambah Nafsu Makan Anak

Sebagai salah satu upaya mengatasi masalah anak yang susah makan, Bunda bisa menyajikan makanan penambah nafsu makan berikut ini.

Liputan6.com, Jakarta Dalam perjalannya, setiap orang tua akan menghadapi anak yang susah makan dan lebih suka melakukan gerakan tutup mulut atau GTM. Ini merupakan fase normal yang akan dilalui anak, biasanya ketika usia menginjak 1 tahun, namun bisa terjadi juga di usia 2-5 tahun.

Masalah anak susah makan tentu tidak boleh disepelekan, kurangnya asupan gizi dan nutrisi bisa memengaruhi tumbuh kembang si Kecil. Apalagi bila itu terjadi di golden age si Kecil. Maka dari itu keuletan dan kesabaran untuk menghadapi anak yang susah makan demi tumbuh kembang yang lebih baik.

Sebagai salah satu upaya mengatasi masalah anak yang susah makan, Bunda bisa menyajikan makanan penambah nafsu makan berikut ini:

1. Jahe

Jahe dipercaya sebagai makanan penambah nafsu makan anak. Jenis rempah ini dapat mengatasi masalah pencernaan, seperti perut kembung, mual, atau muntah penyebab anak tidak nafsu makan.

Bunda dapat menyiasatinya dengan menyajikan jahe dalam sup, sayuran tumis, nasi tim, atau dalam bentuk minuman dengan dicampur bersama air dan madu. Selain jahe, jenis rempah-rempah lain seperti peppermint, mint, kayu manis, dan ketumbar juga bisa dijadikan pilihan.

2. Minyak Ikan

Minyak ikan dengan kandungan omega-3 bukan saja penting bagi pertumbuhan otak si Kecil tapi juga dapat meningkatkan nafsu makan anak. Dalam sebuah penelitian, omega-3 yang terkandung dalam minyak ikan berperan penting dalam menurunkan rasa kenyang setelah makan sehingga dapat meningkatkan nafsu makan.

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 3 halaman

3. Kacang-kacangan

Kacang seperto mete, almond, dan kacang tanah dapat diberikan pada si Kecil ketika ia menolak makan. Kandungan seng (zink) pada kacang-kacangan berperan untuk penambah nafsu makan. Selain zink, kacang juga mengandung tinggi protein, asam lemak, dan berbagai vitamin dan mineral lainnya yang baik untuk tubuh anak.

Pastikan anak sudah bisa mengunyah makanan ya Bun, bila belum Bunda bisa menghaluskan kacang-kacang tersebut agar si Kecil tidak tersedak.

4. Alpukat

Alpukat termasuk dalam salah satu makanan penambah nafsu makan. Rasa alpukat yang gurih dan lembut membuatnya disukai anak-anak. Dalam setengah buah alpukat ukuran sedang (68 gram) terdapat sekitar 109 kalori. Tak hanya tinggi kalori, alpukat juga padat nutrisi dengan mengandung 20 jenis vitamin dan mineral serta lemak tak jenuh yang baik bagi si Kecil.

5. Kentang

Kreasikan makanan untuk menambah nafsu makan dengan mengganti sumber karbohidrat dari nasi menjadi kentang.  Sebagai jenis umbi-umbian, kentang mengandung zinc yang berfungsi untuk meningkatkan nafsu makan.

6. Wortel

Sayuran satu ini memiliki banyak manfaat bagi si Kecil, bukan saja meningkatkan nafsu makan tetapi juga sumber vitamin dan serat. Bunda dapat memberikan wortel secara langsung dalam sayuran maupun berupa jus wortel.

Berikan jus wortel pada si Kecil setengah jam sebelum makan karena dapat merangsang rasa lapar dan juga mempersiapkan saluran pencernaan untuk menerima makanan.

3 dari 3 halaman

Tambahkan Kaldu Jamur Tanpa Penguat Rasa

Setelah mengetahui bahan-bahan makanan yang bisa menambah nafsu makan, langsung selanjutnya adalah menyajikan masakan yang sehat dan bergizi lengkap baik untuk si Kecil dalam masa Mpasi maupun usia 1 tahun ke atas. 

Untuk setiap masakan Bunda bisa menambahkan kaldu yang rasanya gurih ke menu makanan dapat membantu merangsang nafsu anak. Salah satunya adalah Royco Kaldu Jamur. Terbuat dari jamur lezat asli, tanpa penguat rasa, tanpa pewarna, dapat digunakan untuk aneka masakan seperti sup, tumisan, dan gorengan.

Selain membantu menambah nafsu makan, kaldu jamur juga memiliki manfaat bagi tubuh karena mengandung vitamin A, B, dan D serta 9 asam amino yang dibutuhkan oleh tubuh. Selain itu, dalam kaldu jamur juga mengandung zat besi dan protein untuk memenuhi kebutuhan harian.

Untuk inspirasi resep masakan dengan Royco Kaldu Jamur, Bunda bisa kunjungi https://www.royco.co.id/kaldu-jamur.

 

(*)

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Terkini