Indonesia Terima 1,2 Juta Vaksin Sinovac Donasi COVAX

Oleh Fitri Haryanti Harsono pada 30 Des 2021, 11:50 WIB
Diperbarui 30 Des 2021, 11:50 WIB
Indonesia Kedatangan Vaksin Sinovac
Perbesar
Indonesia kedatangan vaksin tahap ke-182 berupa vaksin Sinovac berjumlah 1.236.000 dosis di Bandara Soekarno-Hatta, Tangerang pada Rabu, 29 Desember 2021. (Dok RYIADHY/INFOPUBLIK/Kementerian Komunikasi dan Informatika RI)

Liputan6.com, Jakarta - Indonesia kedatangan vaksin tahap 182 berupa 1.236.000 dosis vaksin Sinovac pada Rabu, 29 Desember 2021. Vaksin yang tiba di Bandara Soekarno-Hatta, Tangerang ini merupakan donasi dari COVAX.

"Dengan kedatangan vaksin Sinovac ini, maka total vaksin yang sudah tiba di Tanah Air dalam bentuk bulk atau bahan baku maupun vaksin jadi berjumlah 458.069.415 dosis," ujar Direktur Jenderal Informasi dan Komunikasi Publik (IKP) Kementerian Komunikasi dan Informatika RI Usman Kansong, Rabu (29/12/2021).

Menurut Usman, banyaknya vaksin COVID-19 yang datang di penghujung 2021 menandai konsistensi Pemerintah Indonesia dalam upaya mencukupi kebutuhan vaksin bagi masyarakat. Pemerintah Indonesia akan terus mengupayakan kedatangan vaksin, baik melalui jalur bilateral maupun multilateral.

Sejak awal pandemi, Indonesia juga telah aktif menjalin kerja sama internasional dan multilateral, termasuk melalui WHO Access to COVID-19 Tools (ACT) Accelerator COVAX Facility.

COVAX atau COVID-19 Vaccines Global Access merupakan sebuah inisiatif global yang ditujukan untuk akses setara untuk vaksin-vaksin COVID-19.

"Diupayakan terjadinya kesetaraan akses terhadap vaksin bagi bangsa-bangsa di dunia," lanjut Usman melalui pernyataan tertulis yang diterima Health Liputan6.com.

 

** #IngatPesanIbu 

Pakai Masker, Cuci Tangan Pakai Sabun, Jaga Jarak dan Hindari Kerumunan.

Selalu Jaga Kesehatan, Jangan Sampai Tertular dan Jaga Keluarga Kita.

#sudahdivaksintetap3m #vaksinmelindungikitasemua


Kelancaran Peroleh Akses Vaksin COVID-19

FOTO: Vaksinasi Covid-19 untuk Anak Usia 6-11 Tahun Mulai Dilaksanakan
Perbesar
Tenaga kesehatan menyuntikkan vaksin COVID-19 kepada siswa di SDN 01 Depok, Depok, Jawa Barat, Selasa (14/12/2021). Kementerian Kesehatan mulai melaksanakan vaksinasi COVID-19 untuk anak usia 6-11 tahun dengan penggunaan vaksin Sinovac. (Liputan6.com/Herman Zakharia)

Seluruh vaksin COVID-19 yang datang, menurut Usman Kansong, bagian dari upaya pemenuhan kebutuhan vaksin bagi masyarakat. Jumlah penduduk yang mencapai 200 juta lebih, maka jumlah vaksin yang dibutuhkan juga sangat banyak.

Hingga akhir tahun 2021, Pemerintah terus mendatangkan vaksin untuk memastikan ketersediaan vaksin di Indonesia tercukupi.

"Karenanya, sejak awal, Pemerintah Indonesia melakukan upaya diplomasi untuk bisa secara cepat dan lancar mendapatkan akses vaksin," terang Usman.

Ketercukupan stok vaksin sangat penting dalam menyukseskan program vaksinasi nasional. Pemerintah sangat mengharapkan peran serta masyarakat untuk mengikuti program vaksinasi demi terbangunnya herd immunity.

"Perpaduan antara vaksinasi dan disiplin menjalankan protokol kesehatan menjadi kunci melawan pandemi COVID-19 ini," imbuh Usman.


Infografis Tak Perlu ke Mal, Anak Lebih Baik di Rumah Saja

Infografis Tak Perlu ke Mal, Anak Lebih Baik di Rumah Saja. (Liputan6.com/Niman)
Perbesar
Infografis Tak Perlu ke Mal, Anak Lebih Baik di Rumah Saja. (Liputan6.com/Niman)
Lanjutkan Membaca ↓

POPULER

Berita Terkini Selengkapnya