Sukses

5 Langkah Sederhana Tingkatkan Kebiasaan Gaya Hidup Sehat

Menjalani gaya hidup sehat tidak sulit kok!

Liputan6.com, Jakarta - Sebanyak 89 persen responden dari jumlah 13.000 orang menyatakan tengah ancang-ancang meningkatkan kebiasaan gaya hidup sehat mereka. Survei ini dilakukan Herbalife Nutrition dan The Council for Responsible Nutrition (CRN) melalui One Poll baru-baru ini.

Hasil dari menjalani gaya hidup sehat terasa nyata. Sebanyak 50 persen responden mengaku dapat melakukan olahraga lebih lama tanpa merasa lelah. Lalu 48 persen lainnya telah berhasil mengecilkan ukuran pinggangnya.

Chief Health and Nutrition Officer at Herbalife Nutrition, Dr Kent Bradley, mengatakan, apapun perubahan yang dipilih dan dilakukan seseorang, sesuatu yang baik bisa dimulai dari langkah-langkah kecil.

Bagi Anda yang berniat menjalani atau meningkatkan gaya hidup sehat, caranya mudah. Dalam webinar baru-baru ini, Kent membagikan lima tips sederhana untuk memulainya.

 

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 7 halaman

1. Makan dengan mempertimbangkan nutrisi

Kent mengatakan bahwa kebiasaan gaya hidup sehat dimulai di dapur. Memang diperlukan ide yang terus ada guna menciptakan makanan-makanan bernutrisi penuh gizi. 

Namun, jangan lupa bahwa sekarang segala sesuatunya bisa dipelajari melalui Youtube. Bila kehabisan ide, Anda dapat memelajari berbagai macam resep baru dari situ.

"Anda hanya tinggal menggunakan mesin pencarian dengan kata kunci yang diinginkan. Ada ratusan situs dan video instruksional yang menawarkan tutorial hebat, dan Anda dapat menemukan resep untuk hampir semua bahan yang sesuai dengan selera atau diet apa pun," katanya.

"Mau itu diet paleo, vegetarian, atau vegan. Dari internet Anda dapat menemukan menu makanan baru yang lezat dan sehat," Kent menekankan.

 

3 dari 7 halaman

2. Hindari makanan cepat saji atau junk food

Selain makan makanan sehat, penting juga untuk mengurangi atau bahkan menghilangkan makanan cepat saji (junk food) dari daftar makanan Anda.

Menurut Kent, kesuksesan dalam memersiapkan menu makanan sehat dimulai dengan membuat daftar sebelum pergi berbelanja.

"Membuat daftar belanja akan membuat Anda dapat memutuskan secara bijak apa saja yang akan dibeli," katanya.

Oleh sebab itu, lanjut Kent, luangkan beberapa menit untuk merencanakan setidaknya beberapa makanan untuk seminggu ke depan. Mungkin dengan merujuk beberapa ide yang dilihat dalam mesin pencarian.

Dengan melakukan ini, Anda tidak hanya cenderung akan makan lebih sehat selama seminggu, tetapi Anda juga akan menghemat uang dengan menghindari membeli makanan cepat saji.

 

4 dari 7 halaman

3. Konsumi vitamin atau suplemen

Mengonsumsi suplemen harian dapat membantu memastikan asupan nutrisi lengkap. Suplemen dapat membantu mengisi kesenjangan nutrisi sepanjang tahun dan beberapa suplemen dapat mendukung kekebalan tubuh Anda.

Dijelaskan Kent bahwa suplemen juga dapat mendukung gaya hidup seseorang. Dengan mengonsumsi sebelum melakukan aktivitas kayak olahraga, membantu mencapai target yang diinginkan.

Selain itu dengan mendapatkan cukup protein dapat memperbaiki otot setelah sesi angkat berat, atau hanya mencari untuk menjaga kesehatan secara keseluruhan.

Berdasar hasil survei, banyak responden berencana untuk memasukkan lebih banyak vitamin dan suplemen ke dalam makanan mereka dan hanya 69 persen responden yang merasa memiliki pengetahuan tentang manfaat kesehatan yang dihasilkan vitamin dan suplemen.

Akan tetapi, lanjut Kent, 77 persen responden menyampaikan juga bahwa mereka ingin tahu lebih banyak mengenai manfaat kesehatan dari vitamin dan suplemen untuk dikombinasikan ke dalam gaya hidup sehat mereka.

 

5 dari 7 halaman

4. Rutin berolahraga

Mungkin masih banyak yang takut untuk berolahraga di luar rumah. Namun, saat ini terdapat sejumlah aplikasi yang bisa mendukung aktivitas kebugaran tersebut. 

Situs streaming gratis seperti herbalife Nutrition Fitnes dapat memberikan latihan dan tips guna membantu menjaga latihan dengan tetap menyenangkan dan aman. Serta dapat menghindari cedera dan tetap konsisten.

Kent, mengatakan, tidak ada salahnya untuk bergabung dengan grup lari atau jalan kaki di luar ruangan. Dengan bergabung ke grup seperti itu, membantu Anda meningkatkan semangat berolahraga. 

"Yang paling penting, apapun yang Anda ingin lakukan, pilih aktivitas yang disukai dan menyenangkan sehingga Anda dapat konsisten untuk melakukannya," katanya.

 

6 dari 7 halaman

5. Prioritaskan tidur

Jadwal tidur memainkan peran besar dalam pemeliharaan berat badan dan mental alertness. Kurang tidur dapat menyebabkan peningkatan nafsu makan yang dapat dengan cepat menggagalkan tujuan gaya hidup sehat Anda.

Di sisi lain, kata Kent, mendapatkan lama tidur yang tepat yaitu sebagaimana yang dianjurkan para ahli antara tujuh hingga sembilan jam semalam, dapat meningkatkan metabolisme dan membantu membakar kalori ekstra sepanjang hari.

"Di mana pun posisi Anda berada dalam perjalanan pemeliharaan kesehatan dan kebugaran Anda saat ini, ketahuilah bahwa melakukan perbaikan gaya hidup sehat selalu dimulai dengan langkah-langkah kecil," katanya.

"Terlepas apakah saat ini Anda telah memutuskan untuk membuat perubahan melalui pilihan pola diet, pilihan olahraga, atau pengaturan menu makanan, pemberian suplemen dapat bermanfaat dan membantu memenuhi kebutuhan nutrisi Anda. Jika anda membutuhkan lebih banyak informasi mengenai bagaimana vitamin dan suplemen dapat membantu kebutuhan Anda, Anda dapat menghubungi atau berkonsultansi dengan ahli yang Anda kenal," Kent menekankan.

7 dari 7 halaman

Infografis 5 Cara Cegah Covid-19 Saat Berolahraga di Gym

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.