Sukses

Plum, Camilan untuk Tetap Kontrol Berat Badan Saat Liburan

Benarkah buah plum adalah camilan sehat yang tak menaikkan berat badan?

Liputan6.com, Jakarta - Anda ingin tetap mengontrol berat badan saat musim liburan ini? Makanan ini bisa dipilih sebagai camilan saat liburan.

Adapun makanan yang bisa mengontrol berat badan Anda selama liburan adalah buah plum. 

Sebuah studi menemukan bahwa orang yang mengemil plum merasa kurang lapar dan makan lebih sedikit kalori secara keseluruhan. 

Dalam penelitian yang diterbitkan di jurnal Nutrition Bulletin, disebutkan bahwa mengemil buah plum bisa membantu Anda merasa kenyang, mengontrol nafsu makan, serta mengurangi jumlah kalori yang Anda makan secara keseluruhan. Tak heran berat badan jadi terkontrol.

Lauren Manaker, MS, RDN, LDN, CLEC, CPT, yang meneliti nutrisi selama hampir 20 tahun menjelaskan bahwa salah satu alasan paling umum mengapa orang makan berlebihan adalah karena mereka tidak merasa puas atau kenyang.  

"Menemukan makanan yang memuaskan rasa lapar Anda adalah bagian penting untuk mencapai tujuan pengelolaan berat badan Anda," kata Manaker dikutip dari Very Well Health pada Senin, 27 Desember 2021. 

Studi yang didanai California Prune Board ingin menyelidiki apakah makan plum California (plum kering) memengaruhi nafsu makan, rasa kenyang, dan kontrol kalori.

Andrea N. Giancoi, MPH, RD, seorang penasihat nutrisi di California Prune Board mengatakan bahwa studi ini menunjukkan bahwa peserta yang mengemil buah plum mengonsumsi lebih sedikit kalori pada makanan berikutnya, dan dilaporkan kurang lapar dibandingkan dengan subyek yang mengonsumsi makanan ringan alternatif yang setara kalorinya.

 

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 4 halaman

Penelitian Selanjutnya

Giancoli mengatakan bahwa plum sebagai camilan tampaknya memberikan keuntungan dibandingkan  makanan ringan pilihan lainnya. Ini karena para peserta yang makan plum melaporkan efek yang menguntungkan pada rasa kenyang dan kontrol nafsu makan.

Kelompok yang mengemil plum juga kehilangan lebih banyak berat badan (rata-rata 4,4 pon) daripada kelompok lain (yang kehilangan rata-rata 3,4 pon).

Namun, studi ini memang memiliki beberapa keterbatasan, yaitu ukuran sampel kecil dan penelitian tidak terkontrol plasebo dalam desain.

 

3 dari 4 halaman

Catatan Lainnya

Para peneliti juga mencatat bahwa perbedaan penurunan berat badan antara kedua kelompok tidak signifikan secara statistik --- meskipun, temuan ini mungkin relevan secara klinis untuk beberapa orang. 

Dengan kata lain, dokter mungkin menemukan hasil penelitian yang berguna jika ingin mendorong pasien untuk menikmati buah plum sebagai bagian dari rencana makan bergizi untuk mengatur berat badan mereka.

Menambahkan plum California sabagai hidangan liburan Anda mungkin menjadi salah satu cara untuk mendukung tujuan berat badan Anda, tetapi jika Anda tidak menyukai plum, penelitian juga menunjukkan bahwa ada banyak cara lain untuk membuat diet yang memuaskan, termasuk:

1. Mengikuti diet protein tinggi telah terbukti meningkatkan rasa kenyang dan mungkin mendukung penurunan berat badan

2. Memasukkan kacang-kacangan seperti buncis dalam diet Anda dapat meningkatkan rasa kenyang dan mengurangi asupan makanan Anda secara keseluruhan.

3. Menambahkan gandum ke dalam makanan Anda dapat membantu Anda merasa lebih puas berkat kandungan seratnya, yang perlahan-lahan mencerna dan membantu Anda merasa kenyang lebih lama. 

4. Makan kenari dapat mengaktifkan wilayah otak yang terlibat dalam pengendalian nafsu makan. Sehingga mengurangi rasa lapar.

4 dari 4 halaman

Infografis 5 Alasan Diet Tidak Berjalan Lancar

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.