Sukses

Pemerintah Siapkan Pos Pelayanan Vaksinasi COVID-19 Masa Libur Nataru

Pos pelayanan vaksinasi COVID-19 untuk pelaku perjalanan yang belum divaksin.

Liputan6.com, Jakarta - Pos pelayanan vaksinasi COVID-19 menjadi salah satu fasilitas yang disediakan Pemerintah bagi pelaku perjalanan libur Natal 2021 dan Tahun Baru 2022 (Nataru). Hal ini seiring dengan syarat perjalanan dalam negeri, terutama jarak jauh yang mewajibkan masyarakat harus sudah vaksinasi lengkap dua dosis.

Menteri Komunikasi dan Informatika RI Johnny G. Plate mengingatkan, masyarakat yang hendak melakukan perjalanan selama masa libur Nataru harus mengikuti persyaratan yang ditentukan. Yaitu sudah vaksin dosis kedua dan menyertakan hasil tes swab antigen ataupun RT-PCR negatif COVID-19.

"Bagi masyarakat yang belum memenuhi persyaratan tersebut, dapat mengunjungi pos pelayanan terdekat untuk mendapatkan vaksin atau melakukan tes swab antigen. Pos-pos itu juga menyediakan tempat isolasi bagi masyarakat yang mendapatkan hasil tes antigen positif," terang Plate melalui pernyataan tertulis yang diterima Health Liputan6.com, Jumat (24/12/2021).

Tempat isolasi ini bersifat sementara, sebelum mereka dirujuk ke rumah sakit yang sudah disiapkan. Kami meminta masyarakat agar mematuhi aturan saat melakukan perjalanan."

Selama libur Natal dan Tahun Baru, Pemerintah juga meningkatkan pengamanan melalui Operasi Lilin 2021. Masyarakat diimbau terus menjaga protokol kesehatan demi memastikan keamanan dan ketertiban dan pencegahan penularan COVID-19.

"Perlindungan kesehatan dan pengamanan masyarakat menjadi prioritas Pemerintah saat libur Natal dan Tahun Baru," lanjutnya.

 

** #IngatPesanIbu 

Pakai Masker, Cuci Tangan Pakai Sabun, Jaga Jarak dan Hindari Kerumunan.

Selalu Jaga Kesehatan, Jangan Sampai Tertular dan Jaga Keluarga Kita.

#sudahdivaksintetap3m #vaksinmelindungikitasemua

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 3 halaman

Kawal Mobilitas Masyarakat

Johnny G. Plate menyebut, ratusan ribu personel gabungan TNI, Polri dan instansi terkait diterjunkan dalam pengamanan Nataru yang tergabung dalam Operasi Lilin Tahun 2021. Pengamanan ini akan berlangsung mulai 24 Desember 2021 sampai 2 Januari 2022.

Fokus pengamanan adalah gereja-gereja yang tersebar di Indonesia, tempat perbelanjaan, dan tempat wisata.

"Upaya ini dilakukan guna memastikan situasi libur Nataru aman dari COVID-19," kata Menkominfo Plate.

Pos-pos pengamanan dan pelayanan Nataru juga disiapkan di berbagai kota guna mengawal mobilitas masyarakat saat Nataru. Posko tersebar di seluruh pintu keluar tol hingga perbatasan antar wilayah.

Hal ini dilakukan memastikan pelayanan dan pengecekanprotokol kesehatan, serta antisipasi kemacetan lalu lintas atau antrean panjang.

3 dari 3 halaman

Infografis 25 Titik Pemeriksaan Sertifikat Vaksin Covid-19 di Puncak Selama Nataru

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.