Sukses

Awas Hubungan Toksik, Ketahui 5 Tanda Cemburu yang Tidak Sehat

Pasangan yang pencemburu pada dasarnya suka secara tidak sadar mengendalikan Anda

Liputan6.com, Jakarta - Beberapa orang mungkin setuju bahwa sedikit cemburu bisa membuat percikan dalam hubungan. Namun, terlalu banyak kecemburuan juga dapat menghancurkannya secara perlahan.

"Kita semua mengalami kecemburuan di beberapa titik; kunci untuk menjaga hal-hal tetap sehat adalah mampu mengidentifikasi perasaan dan tidak membiarkannya mengendalikan perilaku," ucap terapis pernikahan dan keluarga serta pakar hubungan, Esther Boykin.

Untuk membantu Anda tetap jelas, berikut adalah beberapa tanda Anda memiliki pasangan yang kerap cemburu yang tidak sehat, yang dilansir dari Times of India dan Insider.

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 5 halaman

1. Selalu Menginginkan Kehadiran Pasangan

Jika pasangan menginginkan pasangan untuk dirinya sendiri, sepanjang waktu, maka itu adalah tanda perilaku cemburu yang tidak sehat.

Ia sangat terobsesi dengan Anda sehingga mereka tidak menyukai gagasan Anda sendirian atau menghabiskan waktu bersama orang lain.

2. Bergantung secara emosional

Ia terlalu bergantung pada Anda untuk dukungan emosional mereka. Alih-alih puas dengan apa yang ia miliki, mereka akan selalu ingin Anda selalu ada untuknya, setiap detik dan menit dalam sehari.

Ia mungkin tidak memperhatikan waktu dan ketersediaan Anda.

3 dari 5 halaman

3. Mereka suka mengontrol

Menetapkan batasan dengan pasangan Anda tentang apa yang Anda lakukan dan tidak sukai adalah hal yang umum. Namun, pada orang  pencemburu berat, ia suka mengontrol dan memanipulasi orang.

Jika pasangan membuat Anda merasa buruk, simpatik, bersalah dll sesuai dengan suasana hati dan manfaat mereka, maka mungkin bukan yang terbaik untuk Anda.

4. Melacak sosial media Anda

Saat ini, banyak hubungan dimulai di media sosial sebelum berubah menjadi pertemuan di kehidupan nyata. Jadi memiliki seseorang yang "menyukai" beberapa foto Anda untuk menarik perhatian Anda bukanlah hal yang luar biasa.

Namun, bila ia kerap mempertanyakan siapa yang like di foto Anda lalu mencari tahu siapa yang komen di media sosial Anda. Lalu, membatasi apa yang Anda unggah dan tidak, hati-hati. Mungkin ia pencemburu. 

4 dari 5 halaman

5. Ada masalah jika Anda bahkan menyebut orang lain

Pasangan pencemburu bakal mempersalahkan jika menyebut nama orang lain dari masa lalu Anda atau bahkan dalam kehidupan saat ini — terutama jika itu adalah seseorang yang menurut mereka bisa membuat Anda sedikit tertarik.

“Kalau menyebut teman sepintas lalu langsung tegang, itu pertanda,” jelas Amica Graber, pakar hubungan untuk TruthFinder.

"Mungkin mereka membuat komentar sarkastik atau hanya terlihat dalam suasana hati yang muram, tetapi Anda mendapatkan kesan yang berbeda bahwa mereka tidak menyukai fakta bahwa Anda menyebut orang lain. Perilaku cemburu ini mungkin dimulai sebagai komentar backhanded kecil, tetapi mereka bisa meningkat seiring waktu."

Reporter: Lianna leticia

  

5 dari 5 halaman

Infografis Rahasia Sukses Memulai Hubungan Baru

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.