Sukses

Status 3 WNA Probable Omicron di RI, Kemenkes: Belum Ada Hasilnya

Dua dari lima kasus probable Omicron sudah diketahui hasilnya. Lalu, bagaimana dengan tiga lainnya yang merupakan WNA itu?

Liputan6.com, Jakarta - Hingga hari ini, Senin, 20 Desember 2021 belum diketahui varian apa yang menyerang tiga warga negara asing (WNA) asal Tiongkok yang dikategorikan probable Omicron.

"Masih 3 ya (yang probable Omicron). Belum ada hasilnya yang WNA," kata Direktur Pencegahan dan Pengendalian Penyakit Menular Kementerian Kesehatan RI, Siti Nadia Tarmizi lewat pesan singkat ke Health-Liputan6.com.

Dalam waktu kurang dari tiga hari ke depan bakal diketahui status varian apa pada tiga pasien COVID-19 itu. Saat ini spesimen ketiga orang itu masih menjalani pemeriksaan whole genome sequencing yang membutuhkan waktu berhari-hari.

Ketiga pasien tersebut masuk ke Indonesia lewat Menado, Sulawesi Utara. Setelah melalui pemeriksaan tes PCR SGTF, diketahui bahwa ketiganya probable atau kemungkinan terpapar varian Omicron. Pada tes PCR S-gene Target Failure itu, bila gen S tidak terdeteksi, maka kemungkinan besar kasus tersebut adalah varian Omicron.

Usai hasil probable Omicron, mereka menjalani isolasi di Menado. 

 

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 2 halaman

2 Lainnya Positif Omicron

Seperti diberitakan sebelumnya, Menteri Kesehatan RI Budi Gunadi Sadikin mengatakan bahwa ada lima probable Omicron di Indonesia. Lalu, pada dua WNI dari luar negeri sudah diketahui hasilnya.

Dua kasus probable Omicron yakni WNI yang datang dari Inggris dan Amerika sudah diketahui bahwa mereka terpapar Omicron pada 17 Desember 2021.

“Dua pasien terkonfirmasi terbaru adalah IKWJ, 42 tahun, laki-laki, perjalanan dari Amerika Selatan serta M, 50 tahun, laki-laki, perjalanan dari Inggris," kata Nadia. 

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.