Sukses

Omicron Mengintai, Ini Saran Aman Traveling di Masa Pandemi dari Para Ahli

Para ahli menyarankan masyarakat yang melakukan traveling agar berhati-hati terhadap COVID-19 termasuk varian Omicron.

Liputan6.com, Jakarta - WHO mengatakan bahwa varian Omicron sudah teridentifikasi di 89 negara. Bagi para traveler yang memiliki rencana pada liburan natal atau tahun baru, Anda sebaiknya lebih waspada.

Menteri Kesehatan RI Budi Gunadi Sadikin malah mengimbau masyarakat tak perlu liburan ke luar negeri. Budi mengatakan masyarakat liburan di Indonesia saja. Negeri kita masih jauh lebih aman dari negara-negara di luar sana dari paparan Omicron.

Lalu, bagaimana dengan para ahli lainnya bila traveling di liburan kali ini. Berikut selengkapnya dilansir dari Bloomberg.

 

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 4 halaman

1. Memeriksa situasi Covid-19 di negara tujuan

Sebelum berangkat, ada baiknya Anda memeriksa dan memantau situasi COVID-19 paling terbaru di negara tujuan.

Anda akan mengetahui apakah negara yang akan dituju menerima wisatawan asing, bagaimana kebijakan mereka jika Anda sakit atau terpapar COVID-19, serta persyaratan masuk dan keluar di negara tersebut.

2. Vaksinasi

William Schaffner, ahli epidemiologi Universitas Vanderbilt, Amerika Serikat menyarankan masyarakat untuk melakukan vaksinasi secara lengkap. Terutama jika Anda memiliki rencana untuk berlibur pada liburan natal nanti.

Saat ini, banyak sejumlah negara yang mewajibkan wisatawan asing telah melakukan vaksinasi sepenuhnya. Bahkan ini menjadi salah satu persyaratan perjalanan dalam negeri.

 

3 dari 4 halaman

3. Melakukan tes COVID-19

Banyak negara yang menetapkan aturan perjalanan adalah dengan menunjukkan hasil tes negatif COVID-19 atau dokumentasi pemulihan dari COVID-19 sebelum naik pesawat.

Selain itu, menunjukkan hasil tes negatif COVID-19 menjadi salah satu syarat masuk perjalanan.

4. Mengikuti protokol kesehatan yang berlaku

Saat bepergian, pastikan untuk mengikuti semua protokol kesehatan yang berlaku. Dengan terus memakai masker Anda, dan menjaga jarak. Jauhi orang yang bersin dan batuk.

Jadi pada titik ini, Anda tidak perlu mengubah rencana perjalanan. Namun jika belum divaksinasi dan tidak ingin tertular COVID-19, Anda harus sangat berhati-hati. Lebih baik berada di rumah sambil menikmati hari libur bersama keluarga.

 

Reporter: Lianna Leticia

 

 

4 dari 4 halaman

Infografis 7 Momen Kamu Harus Pakai Masker

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.