Sukses

Demi Indonesia Nol Stunting, Istri Bupati dan Wali Kota se-Jatim Jabat Bunda Genre

Bunda Genre dan Duta Penurunan Stunting demi Indonesia nol stunting

Liputan6.com, Surabaya - Kepala Badan Kependudukan dan Keluarga Berencana Nasional (BKKBN), dr Hasto Wardoyo SpOG(K), pada Minggu, 19 Desember 2021, mengukuhkan para istri bupati dan Wali Kota se-Jawa Timur sebagai Bunda Genre (Generasi Berencana) dan Duta Penurunan Stunting.

Pengukuhan Bunda Genre dan Duta Penurunan Stunting diselenggarakan bersamaan dengan Sosialisasi Pencegahan Stunting dari Hulu bagi Calon Pengantin di Hotel Wyndham, Surabaya, Jawa Timur.

Hasto menyebut Bunda Genre sebagai "ibu" dari para remaja Genre di berbagai tingkat wilayah, yang memiliki peran penting dalam pengasuhan dan pendampingan tumbuh kembang seorang remaja.

Termasuk dalam mendukung upaya pendewasaan usia perkawinan. Peran tersebut, kata Hasto, sangat penting dalam upaya percepatan penurunan stunting.

"Saya percaya Bunda Genre sebagai ibu mampu berperan secara optimal mengantar remaja menjadi calon orangtua, PUS, dan calon ibu untuk bisa melahirkan anak berkualitas guna mewujudkan Indonesia emas bebas stunting," kata Hasto dikutip dari keterangan resmi yang diterima Health Liputan6.com pada Senin, 20 Desember 2021.

 

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 3 halaman

Demi Terwujudnya Indonesia Nol Stunting

Sementara itu, Deputi Bidang Keluarga Sejahtera-Pemberdayaan Keluarga (KSPK) BKKBN, Nopian Andusti SE MT menambahkan bahwa sejak awal tahun 2000-an, BKKBN menginisiasi Program Generasi Berencana (Genre), dengan salah satu tujuannya adalah mempersiapkan remaja sebagai calon pasangan usia subur agar memiliki perencanaan dan memersiapkan diri dalam membangun keluarga.

"Salah satu misi dari Program Genre adalah pendewasaan usia perkawinan. Ini sangat relevan dengan pencegahan stunting dari hulu karena usia saat menikah dan hamil menjadi salah satu faktor risiko yang dapat melahirkan anak stunting. Makin muda usia ibu saat hamil dan melahirkan, makin berisiko melahirkan anak yang stunting," kata dia.

Nopian pun berharap melalui peran penting Bunda Genre sebagai Duta Penurunan Stunting, target penurunan stunting menjadi 14 persen pada 2024 dapat tercapai.

"Bunda genre se-Jatim siap menjadi duta stunting dan berkomitmen untuk bersinergi dalam penurunan stunting dan mewujudkan Indonesia zero stunting," Nopian menambahkan..

Selain pengukuhan Bunda Genre se-Jawa Timur, dalam acara tersebut Kepala BKKBN juga menyerahkan Penghargaan Inovasi Cegah Stunting 2021 kepada Kab Malang dan Kab Nganjuk.

3 dari 3 halaman

Infografis Stunting, Ancaman Hilangnya Satu Generasi

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.