Sukses

Berbagi Keceriaan, Zona Anak Hadir di Pengungsian Erupsi Semeru

Cerianya anak-anak korban erupsi Semeru di pengungsia!

Liputan6.com, Lumajang Dongeng Ceria berhasil membangun sebuah zona untuk anak-anak di dekat pengungsian korban erupsi Gunung Semeru. Mereka menyebutnya dengan Zona Anak Kemah Ceria.

Zona ini mulai berdiri sejak 9 Desember 2021 hingga beberapa pekan ke depan. Zona Anak Kemah Ceria dididirikan di Kecamatan Pasirian dan Kecamatan Candipuro, Kabupaten Lumajang, Jawa Timur.

Kakak-kakak Dongeng Ceria membuat Zona Anak Kemah Ceria jadi tempat yang asyik untuk anak-anak pengungsi erupsi Semeru bermain dan belajar.

Tidak hanya bermain, bercerita, dan berkreativitas, ada program-program anak yang telah dipersiapkan tim Dongeng Ceria untuk menghibur sekaligus edukasi anak-anak terutama mengenai bencana erupsi gunung berapi.

Dongeng Ceria memiliki slogan Mengubah Tenda Pengungsian Menjadi Bumi Perkemahan. Tujuannya agar anak-anak bisa mengenang  peristiwa bencana alam yang mereka alami ini dengan kacamata berbeda.

Diharapkan anak-anak bisa mengambil hikmah di balik bencana yang melanda. Sehingga ke depannya mereka menjadi Anak-Anak Indonesia Cerdas Bencana seperti disampaikan mereka dalam keterangan resmi yang diterima Health-Liputan6.com.

Menteri Pemberdayaan Perempuan dan Perlindungan Anak, I Gusti Ayu Bintang Darmawati SE., M.Si, Wakil Bupati Lumajang, Ir.Hj. Indah Amperawati Masdar, dan Ketua Lembaga Perlindungan Anak Indonesia, Kak Seto Mulyadi turut hadir di Zona anak Penanggal ini pada 10 Desember 2021. Mereka berbagi keceriaan dengan aksi menari dan bernyanyi bersama anak-anak penyintas.

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 3 halaman

Jam Bermain di Zona Anak Pagi dan Sore

Zona anak dari Dongeng Ceria bisa menjadi tempat bagi lembaga yang mau berbagi keceriaan mereka. Jadwal bermain bersama anak-anak dari pagi sampai jam 11.00 lalu berlanjut dari jam 16.00 sampai malam. 

"Ada banyak lembaga yang ingin berbagi kebaikan di sini, namun kita perlu ingat bahwa anak-anak di pengungsian juga perlu istirahat, sehingga Dongeng Ceria akan mendampingi agar hak anak-anak penyintas tetap terjaga," ungkap Kak Adip lagi, Komanda Zona Anak Dongeng Ceria di Kecamatan Pasirian.

Selain bermain dan beraktivitas lain di tenda, anak-anak juga di ajak keluar. 

"Hari Minggu kami mengajak anak-anak naik odong-odong keliling agar tidak jenuh di tenda pengungsian, mereka bisa melihat teman-teman mereka di lokasi pengungsian yang lain, dan sepanjang perjalanan akan ada penjelasan tentang gunung berapi," ungkap Adiputra Septiyantono, pendongeng nasional yang merupakan ketua Dongeng Ceria Indonesia.

Selain di Pasirian, ada pula zona anak Dongeng Ceria yang berlokasi di Lapangan Penanggal, Candipuro, di bawah komando Kak Febri Yoga. Tidak hanya beraktivitas senam dan bermain boneka bersama anak-anak, didirikan pula dapur sehat anak yang memproduksi mi sehat, bubur kacang hijau, serta pangan sehat dan hangat lainnya untuk anak-anak.

 

3 dari 3 halaman

Infografis 5 Tips Pakai Masker Cegah Covid-19 untuk Anak.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Terkini