Sukses

5 Manfaat Mengonsumsi Pepaya

Pepaya ternyata penuh dengan nutrisi dan menawarkan beberapa manfaat kesehatan

Liputan6.com, Jakarta - Diperkaya dengan rasa segar dan manis, buah pepaya ternyata menawarkan berbagai macam manfaat kesehatan. Dan, Anda tak perlu khawatir akan kalorinya.

Menurut Departemen Pertanian Amerika Serikat (USDA), satu pepaya kecil – sekitar 157 gram – hanya memiliki 68 kalori,

Jadi, jika Anda ingin menambahkan variasi buah baru pada diet Anda, inilah mengapa Anda harus memasukkan pepaya ke dalamnya seperti dirangkum dari berbagai sumber.

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 6 halaman

1. Mencegah penyakit jantung

Pepaya mengandung kadar tinggi antioksidan, vitamin A, vitamin C, dan vitamin E. Antioksidan bantu mencegah oksidasi kolesterol.

Ketika kolesterol teroksidasi, kemungkinan besar akan terjadi penyumbatan yang menyebabkan penyakit jantung.

Selain itu, dilansir dari everdayhealth, kandungan serat pepaya yang tinggi dapat mengurangi risiko penyakit jantung. Diet tinggi serat menurunkan kadar kolesterol.

Pepaya juga memiliki asam folat yang penting untuk mengubah asam amino homosistein menjadi asam amino yang kurang berbahaya.

3 dari 6 halaman

2. Melindungi dari berbagai jenis kanker tertentu

Radikal bebas dan stres oksidatif terkait erat dengan berbagai jenis kanker. Karena pepaya kaya akan antioksidan, buah ini dapat membantu melindungi sel dari kerusakan dan menurunkan risiko kanker.

Mengutip WebMed, risiko kanker yang lebih rendah juga karena likopen pepaya, yang memiliki sifat anti-kanker. Lycopene adalah karotenoid dan pigmen alami yang memberi warna pada beberapa sayuran dan buah-buahan.

Selain itu, pepaya mengandung antioksidan beta-karoten. Satu studi menemukan bahwa beta-karoten menawarkan perlindungan dari kanker prostat.

4 dari 6 halaman

3. Meningkatkan sistem kekebalan tubuh

Makan makanan tinggi vitamin C dapat membantu meningkatkan sistem kekebalan tubuh, memungkinkan tubuh melawan penyakit bakteri dan virus. 

Berdasarkan Times of India, Pepaya memiliki jumlah antioksidan yang baik, menjadikannya bagian dari diet yang sehat untuk kekebalan tubuh. 

Pepaya juga merupakan sumber Vitamin A yang baik, vitamin penting lainnya untuk sistem kekebalan tubuh yang sehat dan fungsional. 

4. Bagus untuk penderita diabetes

Meskipun pepaya terkenal dengan rasa manisnya, buah ini memiliki kandungan gula yang renda. Sehingga sangat bagus untuk penderita diabetes atau ingin mengurangi risiko terkena penyakit ini. 

Tak hanya itu, beberapa penelitian menemukan bahwa pepaya memiliki efek hipoglikemik pada tubuh yang dapat menurunkan kadar gula darah.

5 dari 6 halaman

5. Melindungi kesehatan mata

Pepaya mengandung nutrisi lutein, zeaxanthin, vitamin C, dan vitamin E dalam jumlah yang baik, yang dapat melindungi mata dan membantu mencegah penyakit mata seperti degenerasi makula terkait usia.

Lutein dan zeaxanthin adalah dua antioksidan yang digunakan di mata. 

Reporter: Lianna Leticia

6 dari 6 halaman

Infografis Libur Natal dan Tahun Baru, Ini 5 Langkah Cegah Lonjakan Covid-19

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.