Sukses

Kemenkes Siagakan 3 RS dan 13 Puskesmas untuk Korban Erupsi Gunung Semeru

Liputan6.com, Jakarta - Kementerian Kesehatan Republik Indonesia (Kemenkes RI) menyiagakan 3 rumah sakit (RS) dan 13 puskesmas di lokasi bencana erupsi Gunung Semeru.

“RS yang berperan aktif adalah Rumah Sakit Umum Daerah (RSUD) Pasirian, RSUD Haryoto dan RS Bhayangkara dengan didukung oleh 13 puskesmas dan 5 puskesmas di perbatasan,” kata Kepala Pusat Krisis Kesehatan (Puskris) Eka Jusuf Singka.

Penyiapan RS rujukan juga diperluas hingga ke Kota Malang. Rumah sakit swasta di sekitar lokasi erupsi termasuk di RS Kepanjen dan RS Wava Husada rencananya akan digunakan sebagai rujukan bagi korban luka bakar di bawah 20 persen.

Sedangkan, RS Saiful Anwar Malang disiapkan untuk rujukan korban trauma inhalasi berat kata Eka mengutip keterangan pers, Selasa (7/12/2021).

Simak Video Berikut Ini

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 4 halaman

Pos Kesehatan

Selain itu, Puskris Kemenkes juga menyiapkan pos-pos kesehatan di sekitar lokasi pengungsian. Saat ini total 4 pos pengungsi yang didirikan di Kecamatan Tronojowo dan Candipuro. Di setiap pos ada unit pelayanan kesehatan yang saat ini melayani 77 orang pasien pengungsi.

Guna menunjang pelayanan medis yang efektif dan efisien bagi petugas maupun warga terdampak, Puskris bersama Badan Nasional Penanggulangan Bencana (BNPB), Dinas Kesehatan Provinsi Jawa Timur dan Dinas Kesehatan Kabupaten Lumajang telah menerjunkan tim pada Sabtu malam (4/12).

Mereka dibagi dalam 2 shift sesuai dengan tugas masing-masing. Mobilitasnya pun diatur agar layanan kesehatan dapat berjalan dengan efisien dan efektif.

“Relawan medis sudah masuk, tapi perlu koordinasi lebih lanjut karena Kepala Dinas Kesehatan Kabupaten Lumajang selaku komandan bidang kesehatan tengah menyusun suatu cara agar tenaga kesehatan bisa masuk secara bertahap sehingga tidak menumpuk,” kata Eka.

3 dari 4 halaman

Distribusi Logistik: Masker hingga Kantong Sampah Medis

Puskris juga telah mendistribusikan logistik dan peralatan kesehatan mulai dari masker bedah, masker anak, masker N95, masker kain, tenda, ventilator, tabung oksigen, regulator tabung oksigen, hand scoon, hand sanitizer, penjernih air cepat, kantong sampah, dan kantong sampah medis.

Logistik telah tiba pada Minggu pagi (5/12) dan siap didistribusikan ke fasilitas layanan kesehatan (fasyankes) untuk memenuhi kebutuhan petugas serta warga terdampak.

“Logistik kesehatan akan dipusatkan di Kantor Dinas Kesehatan Kabupaten Malang, untuk itu RS, puskesmas serta pelayanan kedaruratan di tenda darurat diminta untuk segera melakukan koordinasi dengan Dinas Kesehatan Kabupaten/Kota,” terangnya.

Koordinasi pun terus dilakukan dengan berbagai pihak mengenai langkah-langkah mitigasi ke depannya terutama dalam hal mobilisasi tenaga kesehatan dan logistik.

 

4 dari 4 halaman

Infografis Bahaya Tetap Mengintai di Kaki Semeru

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.