Sukses

5 Cara Tenangkan Pasangan yang Sedang Stres

Saat pasangan sedang stres, Anda mungkin bingung cara apa yang harus dilakukan untuk menenangkannya. Namun, ada beberapa upaya yang bisa Anda lakukan untuk membantunya, lho.

Liputan6.com, Jakarta Saat situasi pasangan sedang cukup sulit dan menimbulkan stres, Anda mungkin belum benar-benar tahu bagaimana cara yang tepat untuk menenangkannya. Namun, tetap ada lho beberapa upaya yang bisa diakukan untuk membantu pasangan yang sedang berada dalam kondisi tersebut.

"Saran sederhana, jangan berasumsi apapun. Saya rasa setiap pasangan harus berkomunikasi terlebih dahulu sebelum mencapai titik ini. Dengan begitu, disaat stres muncul Anda akan tahu cara terbaik untuk membantu," ujar psikolog Nikki Martinez dikutip Bustle, Selasa (7/12/2021).

Nikki mengungkapkan, Anda pun tak perlu khawatir jika belum pernah melakukan percakapan tersebut dengan pasangan. Anda bisa bertanya apa yang ia butuhkan saat ini atau apa yang bisa membantunya dalam situasi tersebut.

Menenangkan orang lain bukanlah perkara mudah. Kemungkinan mengambil langkah yang salah juga berpotensi terjadi. Maka, berikut lima cara yang bisa dicoba saat pasangan sedang mengalami stres.

1. Sesuaikan kepribadian

Sebelum mengambil langkah, mempertimbangkan bagaimana kepribadian pasangan tentu menjadi hal yang penting. Ingatlah juga bahwa Anda dan pasangan bukanlah orang yang sama, sehingga cara untuk menenangkan dirinya pun bisa berbeda.

"Pasangan yang introvert mungkin memerlukan waktu sendiri untuk memproses perasaan mereka dan mungkin lebih suka berpikir atau menulis jurnal sebelum mendiskusikan masalahnya dengan Anda," ujar terapis pernikahan dan keluarga, Christine Scott-Hudson.

Christine menambahkan, sedangkan pasangan yang ekstrovert mungkin lebih suka mengungkapkan kekhawatiran dan perasaannya segera dan membutuhkan percakapan yang dinamis tentang kekhawatiran mereka.

"Kalau ambivert, akan tergantung pada situasinya. Tanyakan pada mereka apa yang paling membantu dalam situasi tersebut," tambahnya.

2. Berikan validasi

Terlepas dari apapun kepribadiannya, salah satu cara terbaik untuk memberikan dukungan bagi pasangan adalah dengan memvalidasi apa yang menjadi kekhawatiran mereka.

"Validasi dapat dilakukan dengan mengungkapkan bahwa Anda mengerti kondisinya dan kekhawatirannya. Anda pun dapat mengatakan bahwa kondisi itu pasti begitu sulit, tanyakan juga bantuan apa yang ia butuhkan," ujar Christine.

Menurut Christine, mengungkapkan bahwa kondisi yang dialaminya tidak seburuk itu atau mengatakan tidak perlu khawatir pada pasangan justru akan mengecilkan perasaan mereka dan membuat pasangan merasa lebih buruk.

"Jika Anda ingin memastikan pasangan merasa didengarkan, maka dengarkanlah dengan baik. Izinkan mereka melampiaskan, dan validasi kekhawatiran tersebut. Jika mereka meminta pendapat, tidak apa-apa untuk menawarkan solusi," kata Christine.

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 3 halaman

3. Lebih mendengarkan

Saat pasangan mengungkapkan kekhawatiran mereka, beberapa diantaranya mungkin akan terdengar tidak masuk akal bagi Anda. Christine mengungkapkan, kecemasan pun tidak selalu rasional. Namun cobalah untuk mendengarkan lebih dulu.

"Saat Anda mendengarkan secara aktif (active listening), ajukanlah pertanyaan jika diperlukan. Dengarkanlah dia, Anda juga bisa melakukan kontak mata secara langsung dan memberikan isyarat verbal," ujar psikoterapis, Alicia Henry, LCSW.

Terkadang, seseorang hanya perlu merasa sedang didengarkan.

4. Luangkan waktu

"Salah satu hal terbaik yang dapat dilakukan ketika pasangan dalam kondisi stres adalah Anda ada bersamanya dan bersikap tenang," ujar psikoterapis, Rachel Astarte.

Menurut Rachel, ketika sedang sedih atau kesal, seseorang akan cenderung ingin ditemani. Sehingga ia pun tak merasa sendirian dalam melewati rintangan tersebut. Buatlah ruang yang nyaman dan aman baginya untuk berkeluh kesah.

5. Berikan ucapan atau hadiah sederhana

Pakar hubungan, Cindi Sansone-Braff mengungkapkan bahwa meskipun terdengar sederhana, namun mengatakan bahwa Anda mencintai pasangan saat kondisi sedang sulit dinilai dapat membantu. Baru tanyakanlah apa yang mereka butuhkan.

"Lihatlah matanya, tersenyumlah, ucapkan bahwa Anda mencintainya. Meskipun pasangan mungkin tidak langsung merespons ucapan kasih itu, mereka bisa merasa lebih tenang dan Anda menunjukkan kemauan untuk membantunya," kata Cindi.

Cindi menambahkan, entah Anda bisa membantunya atau tidak, cara Anda mengungkapkan sayang, dukungan, dan memberikan respons yang baik akan membuat pasangan merasa jauh lebih baik.

Memberikan hadiah sederhana namun manis seperti surat, catatan kecil berisi pesan singkat juga dinilai dapat membantu membuat seseorang merasa lebih baik.

3 dari 3 halaman

Infografis

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.