Sukses

Waspada Omicron, Reisa: Apapun Variannya, Pencegahan dengan Tertib Prokes dan Vaksinasi

Varian Omicron yang disebut-sebut dua kali lebih menular dari varian asli sudah terdeteksi di lebih dari 40 negara.

Liputan6.com, Jakarta Varian Omicron yang disebut-sebut dua kali lebih menular dari varian asli sudah terdeteksi di lebih dari 40 negara. Meski begitu, masyarakat diminta tidak perlu panik dan takut berlebihan seperti diungkap Juru Bicara Pemerintah untuk COVID-19 dan Duta Adaptasi Kebiasaan Baru dokter Reisa Broto Asmoro.

Reisa mengatakan bahwa apa pun jenis variannya, benteng pertahanan dalam menghadapinya adalah dengan disiplin menjalankan protokol kesehatan dan vaksinasi dosis lengkap.

“Apapun varian COVID-19 nya, pencegahannya jangan sampai tertular adalah tertib protokol kesehatan serta lengkapi diri dengan vaksinasi dua dosis. Buat yang belum vaksin tidak perlu pilih- pilih vaksin dan kita yakin kita optimis bisa melewati pandemi ini bersama-sama,” kata Reisa dalam Siaran Sehat Bersama Dokter Reisa bertajuk Waspada Varian Omicron, Tetap Jaga Protokol Kesehatan.

Di kesempatan itu, Reisa juga mengungkapkan bahwa meskipun vaksin COVID-19 di Indonesia sudah mencapai lebih dari 130 kali kedatangan dan didistribusikan dalam jumlah banyak, masih banyak masyarakat yang termasuk dalam kelompok rentan belum tercapai.

Kelompok tersebut meliputi penduduk lanjut usia (lansia) dan penyandang disabilitas yang membutuhkan bantuan untuk bisa mengikuti kegiatan vaksinasi. Dia mengatakan cakupan vaksinasi pada kelompok itu masih dikatakan rendah.

“Terutama lansia, kaum disabilitas ini butuh bantuan kita untuk bisa melakukan vaksinasi karena cakupannya masih rendah. Jadi pemerintah punya jalannya, dengan distribusi vaksin dan pengadaan vaksinnya banyak sekali jumlahnya,” ucap dia.

 

** #IngatPesanIbu 

Pakai Masker, Cuci Tangan Pakai Sabun, Jaga Jarak dan Hindari Kerumunan.

Selalu Jaga Kesehatan, Jangan Sampai Tertular dan Jaga Keluarga Kita.

#sudahdivaksintetap3m #vaksinmelindungikitasemua

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 3 halaman

Kerja Sama Banyak Pihak

Mengingat butuhnya kerja sama dari semua pihak, untuk membantu kelompok tersebut mendapatkan vaksin COVID-19 yang membantu menciptakan kekebalan kelompok, Reisa menegaskan bahwa masyarakat harus turut mengambil andil.

Pengambilan andil tersebut, dapat dilakukan dengan mendaftarkan anggota keluarga yang belum divaksin, diantarkan ke fasilitas kesehatan terdekat hingga memberikan pemahaman supaya anggota keluarga tak lagi memilih-milih jenis vaksin yang diberikan seperti mengutip Antara.

3 dari 3 halaman

Infografis Omicron Menyebar dari Afrika Selatan.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Terkini