Sukses

Payudara Besar Menyakitkan, Operasi Pengecilan Jadi Pilihan

Operasi pengecilan payudara, yang dikenal sebagai mammaplasty reduksi, ini merupakan prosedur pembedahan yang menghilangkan lemak dan jaringan dari dada.

Liputan6.com, Jakarta - Memiliki payudara besar itu tak selamanya menyenangkan. Sejumlah wanita malah merasakan payudara yang besar itu bisa menyakitkan. Bahkan ada juga yang merasa tak percaya diri hingga kesulitan mencari pakaian. Alhasil, operasi pengecilan payudara jadi pilihannya.

Operasi pengecilan payudara, yang dikenal sebagai mammaplasty reduksi, ini merupakan prosedur pembedahan yang menghilangkan lemak dan jaringan dari dada, menghasilkan payudara yang lebih kecil.

"Orang mengurangi ukuran payudara untuk alasan kosmetik dan medis," kata Smita R. Ramanadham, MD, seorang ahli bedah plastik dengan praktek New Jersey seperti dikutip Business Insider.

Banyak alasan yang membuat wanita berpayudara besar mengurangi ukuran payudaranya. Payudara besar ini bisa membuat wanita mengalami nyeri di leher atau punggung. Ketika memakai bra saja tali branya bisa berlekuk di bahunya atau ada ruam di bawah payudara. 

Pada tahun 2020, biaya rata-rata pengurangan payudara hampir $6.000, tidak termasuk biaya anestesi atau rumah sakit. Selain itu, asuransi mungkin tidak menanggungnya.

Apabila ingin melakukan pengecilan payudara, lakukan setelah perkembangan payudara berhenti, biasanya sekitar usia 18 tahun. 

"Kebanyakan ahli bedah meminta pasien untuk menunggu sampai mereka tidak mengalami pertumbuhan payudara tambahan setidaknya selama enam bulan," kata Ramanadhan. 

Namun, dalam beberapa kasus karena ada alasan medis seperti sakit punggung, pengecilan payudara dapat dilakukan pada remaja.

 

 

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 3 halaman

Pengecilan Payudara

Pengecilan payudara biasanya merupakan operasi rawat jalan yang memakan waktu 1,5 hingga tiga jam dan dilakukan dengan anestesi umum, kata Ramanadham.

Sebelum operasi, dokter akan berbicara tentang tujuan,, termasuk ukuran payudara yang diinginkan. Kebanyakan orang memilih payudara yang lebih proporsional dengan bagian tubuh lainnya, dan ukuran cup C adalah ukuran yang populer.

Kehamilan, menyusui, dan penurunan berat badan dapat memengaruhi ukuran dan bentuk payudara. Karena itu, beberapa dokter mungkin menyarankan untuk menunggu sampai setelah kejadian ini untuk mendapatkan hasil yang bertahan lama dari operasi pengecilan payudara.

"Anda juga memerlukan pemeriksaan fisik dan darah sebelum operasi untuk memastikan bahwa Anda cukup sehat untuk menjalani operasi," kata Stafford Broumand, MD, ahli bedah plastik di 740 Park Plastic Surgery.

Ramanadhan menjelaskan, selama operasi, sayatan dibuat, biasanya di bagian bawah payudara. Puting dan areola dibiarkan menempel untuk menjaga aliran darah dan ujung saraf. Dalam kasus yang jarang terjadi, termasuk mengecilkan payudara yang sangat besar, puting susu mungkin harus diangkat dan dipasang kembali.

Jaringan diangkat dari payudara, dan payudara dibentuk kembali dan dibentuk dengan menyesuaikan kulit di sekitar areola. Dalam beberapa kasus, dokter juga dapat membentuk kembali areola agar lebih sesuai dengan payudara yang lebih kecil.

3 dari 3 halaman

Pemulihan dan Efek Samping

Setelah operasi, lanjut Ramanadham, pasien akan pulang dengan mengenakan bra bedah khusus dan kemungkinan akan menjalani pengobatan pereda nyeri selama beberapa hari.

"Operasi ini umumnya ditoleransi dengan sangat baik dengan sedikit rasa sakit atau ketidaknyamanan," kata Ramanadham.

Olahraga ringan seperti berjalan dianjurkan segera, tetapi pasien harus menghindari angkat berat selama dua minggu dan dapat melanjutkan aktivitas normal, seperti berlari, dalam waktu enam minggu.

Kebanyakan orang akan memiliki bekas luka yang terlihat di payudara mereka di tempat penyisipan yang akan menjadi kurang terlihat seiring waktu.

Dalam kebanyakan kasus, pengecilan payudara tidak mempengaruhi puting atau saluran susu, jadi kebanyakan orang bisa menyusui setelah pengecilan.

Jika Anda berharap untuk menyusui, beri tahu dokter Anda sebelum operasi, karena teknik tertentu, termasuk membiarkan puting tetap menempel - yang merupakan jenis prosedur paling umum saat ini - cenderung tidak mengganggu laktasi.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Terkini