Sukses

Titik Pengungsian Warga Terdampak Erupsi Gunung Semeru

Ada titik pengungsian bagi warga terdampak erupsi Gunung Semeru.

Liputan6.com, Lumajang - Bagi warga yang terdampak erupsi Gunung Semeru, tim Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Kabupaten Lumajang saat ini tengah mengupayakan untuk mendirikan titik pengungsian sektoral.

Titik lokasi pengungsian sektoral merespons erupsi Gunung Semeru tersebut berada di Lapangan Kamarkajang, Desa Sumberwuluh, Kecamatan Candipuro, Kabupaten Lumajang. Pada Sabtu, 4 Desember 2021, Gunung Semeru mengalami peningkatan aktivitas vulkanik.

Guguran awan panas Gunung Semeru mengarah ke Besuk Kobokan, Desa Sapiturang, Kecamatan Pronojiwo, Kabupaten Lumajang, Jawa Timur pukul 15.20 WIB sore tadi.

Catatan yang dihimpun Pusat Vulkanologi dan Mitigasi Bencana Geologi (PVMBG), guguran lava pijar teramati dengan jarak luncur kurang lebih 500-800 meter dengan pusat guguran berada kurang lebih 500 meter di bawah kawah.

Sebagaimana informasi Badan Nasional Penanggulangan Bencana (BNPB), yang diterima Health Liputan6.com, Sabtu (4/12/2021), respons cepat dari adanya kejadian guguran awan panas, BPBD Kabupaten Lumajang telah mengeluarkan imbauan kepada masyarakat dan para penambang untuk tidak beraktivitas di sepajang Daerah Aliran Sungai (DAS) Mujur dan Curah Kobokan.

Anggota BPBD Kabupaten Lumajang bersama tim gabungan lainnya segera menuju lokasi kejadian di sektor Candipuro-Pronojiwo untuk melakukan pemantauan, kaji cepat, pendataan, evakuasi dan tindakan lainnya yang dianggap perlu dalam penanganan darurat.

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 2 halaman

Infografis Erupsi Gunung Merapi, Semeru, Sinabung

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.