Sukses

10 Kebiasaan yang Dapat Membuat Mimpi Jadi Indah

Mimpi indah memang diidamkan semua orang tiap malam, lakukan kebiasaan ini agar mimpi jadi menyenangkan.

Liputan6.com, Jakarta - Kita semua bermimpi, tentu saja. Mimpi indah memang sangat menyenangkan dan kita semua berharap akan mendapatkan mimpi indah setiap malam.

Seperti yang telah diketahui, sangat sulit untuk mempelajari mimpi dan menarik kesimpulan tegas tentang mimpi. Meskipun ada tema-tema tertentu yang terlihat pada populasi yang luas, mimpi sifatnya personal, sering kali merupakan pengalaman pikiran pribadi yang dulit dipahami.

Faktanya, kita tidak bisa sepenuhnya mengendalikan mimpi kita. Mereka dipenuhi dengan cuplikan dari kehidupan kita sehari-hari dan pikiran terdalam kita.

Namun, ada hal-hal yang dapat kita lakukan untuk meningkatkan kualitas tidur dan mengelola stres sehingga mimpi akan berisi kisah indah.

Walaupun tidak dapat dijamin, berikut adalah beberapa tips untuk mendapatkan tidur yang lebih baik, menghilangkan stres dan meningkatkan peluang untuk mengalami mimpi yang lebih memuaskan, mengutip dari Healthline, Sabtu (4/12/2021).

 

* Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 12 halaman

1. Tidur Berkualitas yang Cukup

Orang dewasa umumnya membutuhkan 7 atau lebih jam tidur setiap malam. Cobalah tips ini jika Anda kesulitan mendapatkan tidur yang nyenyak.

Cobalah untuk membuat waktu tidur dan bangun yang sama setiap hari.

Jaga kamar tidur Anda pada suhu yang nyaman.

Matikan semua lampu, termasuk lampu tidur. Jauhkan jam bercahaya dari bidang penglihatan Anda. Jika cahaya mengintip melalui jendela, dapatkan nuansa gelap dengan menutup jendela.

Jika tidak bisa tidur, jangan berbaring sambil melihat jam. Bangun dari tempat tidur dan lakukan sesuatu yang menenangkan, lalu kembali ke tempat tidur saat mulai mengantuk.

3 dari 12 halaman

2. Olahraga

Olahraga secara teratur di siang hari dapat membantu Anda tidur lebih nyenyak di malam hari. Ingatlah bahwa jika Anda berolahraga terlalu dekat dengan waktu tidur, Anda mungkin benar-benar mengalami kesulitan untuk tertidur.

Selain membuat Anda lebih cepat tidur, berolahraga juga dapat meningkatkan daya tahan tubuh. Lakukan secara teratur.

4 dari 12 halaman

3. Dedikasikan Zona Tidur

Bersihkan kamar tidur Anda dari kekacauan. Matikan TV, komputer, smartphone, dan barang elektronik lainnya yang menyala dan berbunyi.

Jika Anda menggabungkan ruang kerja dengan ruang tidur, gunakan pembatas ruangan agar tidak terlihat pada waktu tidur. Jadikan kamar tidur Anda sebagai tempat perlindungan dari dunia luar.

5 dari 12 halaman

4. Hilangkan Stres Sebelum Tidur

Luangkan waktu satu jam sebelum tidur untuk menghilangkan stres dengan apapun yang membuat Anda rileks seperti meditasi atau kegiatan lainnya yang menenangkan. Jika Anda memiliki masalah dengan pasangan atau orang tua segera selesaikan sebelum Anda tidur.

Hal ini dapat mengurangi kegelisahan selama tidur yang dapat menyebabkan mimpi buruk datang. Gunakan juga aromaterapi dan mandi air hangat. Hindarilah bekerja, olahraga berat, makan dan minum, atau berkutat dengan perangkat elektronik.

6 dari 12 halaman

5. Jangan Minum Alkohol

Memang benar bahwa alkohol dapat membuat kantuk, tetapi hanya pada awalnya. Alhokol dapat mengganggu siklus tidur Anda.

Dengan alkohol di sistem tubuh, Anda lebih mungkin mengalami mimpi buruk. Minumlah air putih sebagai gantinya.

7 dari 12 halaman

6. Ubah Posisi Tidur

Jika Anda rentan terhadap mimpi yang tidak menyenangkan, cobalah ubah posisi tidur Anda dari biasanya.

Dalam sebuah penelitian kecil tahun 2004, orang yang tidur miring ke kiri dilaporkan mengalami lebih banyak mimpi buruk daripada orang yang tidur miring ke kanan.

Selanjutnya, sebuah studi pada 2012 menemukan bahwa tidur tengkurap dapat meningkatkan mimpi materi seksual atau penganiayaan seperti dibekap, dikurung, atau tidak dapat bergerak.

8 dari 12 halaman

7. Makan Makanan dengan Melatonin

Melatonin adalah hormon yang dibuat tubuh Anda secara alami, berguna untuk meningkatkan kualitas tidur. Melatonin juga ditemukan dalam berbagai makanan seperti:

  • Telur
  • Ikan
  • Daging
  • Susu
  • Kacang-kacangan
  • Jamur
9 dari 12 halaman

8. Konsumsi Suplemen Melatonin

Sebuah meta-analisis 2013 menyimpulkan bahwa melatonin mengurangi latensi onset tidur, meningkatkan waktu tidur total dan meningkatkan kualitas tidur secara keseluruhan, meskipun efeknya sederhana.

Pada tahun 2018, peneliti merinci kasus tiga orang yang mengalami halusinasi nokturnal. Halusinasi berkurang ketika peserta mengambil 5 mg melatonin.

Mengonsumsu melatonin untuk mimpi dapat mempengaruhi setiap orang secara berbeda. Sementara beberapa orang mungkin menemukan bahwa melatonin meningkatkan kualitas mimpi, yang lain mungkin memiliki mimpi yang lebih jelas dan berpotensi menakutkan.

Melatonin dapat berinteraksi dengan beberapa obat. Jika Anda sulit tidur atau mengalami mimpi buruk, bicarakan dengan dokter tentang manfaat dan risiko mengonsumsi suplemen melatonin.

10 dari 12 halaman

9. Buat Jurnal Mimpi

Mimpi adalah campuran dari pikiran dan pengalaman siang hari Anda. Mimpi buruk mungkin mencerminkan hal-hal yang membuat Anda stres. Cobalah menulis tentang detail mimpi Anda segera setelah Anda bangun, termasuk emosi yang Anda rasakan.

Latihan ini dapat membantu Anda menghubungkan impian Anda dengan situasi kehidupan nyata. Menghadapi masalah dalam kehidupan nyata Anda dapat membantu meningkatkan kehidupan impian Anda.

11 dari 12 halaman

10. Mainkan Gim Virtual

Menurut sebuah studi tahun 2019, bermain game interaktif secara fisik berkorelasi positif dengan frekuensi lucid dan lucid/control dream. Gameplay keseluruhan membuat konten game lebih mungkin masuk ke dalam mimpi Anda dan dapat meningkatkan lucid dream. Ini juga dikenal sebagai efek Tetris.

Lucid dream adalah ketika Anda tahu bahwa Anda sedang bermimpi saat Anda berada di dalamnya. Dan Anda bisa belajar cara lucid dream. Dengan melatih diri Anda untuk menguji kenyataan dalam mimpi, Anda bisa mendapatkan sejumlah kendali atas bagaimana kelanjutannya dan bagaimana Anda bereaksi terhadapnya.

 

 

Penulis: Anastasia Merlinda

12 dari 12 halaman

Infografis 5 Tips Cegah Kelelahan Pandemi Covid-19

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Terkini