Sukses

Arti Mimpi Jatuh dan Perbedaannya dengan Sentakan Hipnik

Mimpi terjatuh bisa berarti bahwa Anda sedang merasa kewalahan.

Liputan6.com, Jakarta - Mimpi terjatuh sangat meresahkan. Anda hanya dapat melihat pandangan di bawah dan sadar bahwa tidak ada yang dapat menolong Anda.

Mimpi sejenis ini tidak jarang terjadi dan tidak ada konsensus ilmiah mengenai psikologi di balik mimpi ini. Studi menunjukkan bahwa tema mimpi tertentu, termasuk jatuh, adalah hal biasa.

Dilansir Healthline, Kamis (2/12/2021), para peneliti berteori bahwa ini mungkin mencerminkan perasaan tidak berdaya atau penolakan.

Anda dapat mengalami mimpi jatuh hanya karena Anda pergi mendaki di dekat tebing atau berguling terlalu dekat ke tepi tempat tidur Anda. Namun, mimpi jatuh bisa berarti bahwa Anda merasa:

  • Tidak aman atau tidak stabil
  • Tidak berdaya atau inferior
  • Gelisah
  • Kewalahan
  • Lepas kendali

 

* Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 5 halaman

Apakah Mimpi tentang Jatuh Itu Penting?

Beberapa hal spesifik mungkin penting. Didorong dari tebing bisa berarti Anda tidak merasa aman dengan orang lain atau dengan kekuatan yang tak terlihat. Tersandung dan jatuh secara tidak sengaja dari tebing mungkin menunjukkan bahwa Anda kurang percaya diri.

Bermimpi bahwa Anda terjun payung dari pesawat terbang atau menyelam dengan anggun ke dalam jaring pengaman tidak begitu menakutkan. Ini bisa jadi tanda bahwa Anda melepaskan sesuatu yang negatif atau membebaskan diri Anda.

Detail lainnya mungkin tidak terlalu penting seperti emosi yang ditimbulkan oleh mimpi itu.

Teori mimpi ko-kreatif menunjukkan bahwa bagaimana kita menanggapi apa yang terjadi dalam mimpi memberikan banyak wawasan. Objek, orang, atau peristiwa tertentu memiliki arti yang berbeda tergantung pada budaya dan sejarah pribadi Anda.

Detail khusus dari mimpi Anda mungkin cukup signifikan dalam pengalaman Anda untuk memberikan konteks bagi mimpi Anda. Saat mencoba memahami mimpi, tuliskan sebanyak mungkin detail yang dapat Anda ingat sebelum itu memudar.

Setelah itu, pertimbangkan bagaimana orang, tempat, dan objek dari mimpi itu cocok dengan kehidupan nyata Anda. Cobalah untuk membidik pada emosi yang Anda rasakan dan peristiwa kehidupan nyata apa yang mencerminkan emosi tersebut.

3 dari 5 halaman

Jatuh dalam Mimpi Lalu Terbangun

Tepat saat Anda akan menyentuh permukaan, kaki Anda tersentak dan Anda terbangun dengan kaget, gerakan yang menyelamatkan Anda dari jatuh. Ini adalah cara bangun yang membingungkan.

Sentakan hipnik (hypnic jerks) adalah kontraksi otot yang tiba-tiba dan tidak disengaja yang baisanya terjadi tepat saat Anda tertidur. Itu adalah sesuatu yang memengaruhi 60-70 persen dari kita.

Penyebab pastinya tidak jelas, tetapi salah satu gejala dari sentakan hipnik adalah sensasi jatuh. Terkadang, ada tumpang tindih antara tersentak hipnik dan mimpi jatuh. Fenomena ini mungkin lebih berkaitan dengan tubuh Anda yang tertidur daripada pikiran Anda yang mencoba memberi tahu Anda sesuatu.

Terbangun dari mimpi yang jatuh terasa seperti Anda telah diselamatkan. Itu juga membuat Anda lebih mungkin mengingat mimpi ini nanti. Tapi Anda tidak perlu takut tidak bangun. Mencapai dasar lantai atau mati dalam mimpi tidak akan melukaimu atau membunuhmu.

4 dari 5 halaman

Kesimpulan

Ilmu pengetahuan belum menentukan secara pasti mengapa orang bermimpi atau apa arti mimpi tertentu. Mimpi tentang jatuh cenderung terjadi saat Anda tertidur dan terkadang bersamaan dengan kejang otot yang tidak disengaja.

Ada beberapa teori bagus tentang mimpi dan emosi yang mereka sampaikan. Karena tiap orang berbeda, Anda harus menafsirkan detail mimpi Anda dengan apa artinya bagi Anda secara pribadi.

Mimpi tentang jatuh mungkin mencerminkan perasaan tidak mampu atau perasaan bahwa hidup Anda di luar kendali. Berurusan dengan stres dapat mendorong mimpi yang kurang menakutkan.

Mimpi buruk yang terus-menerus terjadi mungkin disebabkan oleh kecemasan atau gangguan tidur. Jika mimpi memengaruhi kesehatan fisik atau mental Anda, bicarakan dengan dokter.

 

Penulis: Anastasia Merlinda

5 dari 5 halaman

Infografis 12 Cara Sehat Hadapi Stres Era Pandemi Covid-19

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Terkini