Sukses

Kedatangan 1,7 Juta Vaksin AstraZeneca di Indonesia Hari Ini, 30 November 2021

Sebanyak 1,7 juta vaksin AstraZeneca tiba hari ini, Selasa, 30 November 2021.

Liputan6.com, Jakarta - Hari ini, Selasa, 30 November 2021, Indonesia kedatangan vaksin COVID-19 sebanyak 1.712.300 dosis AstraZeneca. Kedatangan vaksin di Bandara Soekarno-Hatta, Tangerang ini merupakan tahap ke-138.

Direktur Jenderal Informasi dan Komunikasi Publik (IKP) Kementerian Komunikasi dan Informatika RI Usman Kansong mengatakan, Pemerintah terus mendatangkan vaksin COVID-19 demi memenuhi kelancaran pelaksanaan vaksinasi di Tanah Air.

"Pemerintah Indonesia secara konsisten dan bertahap terus menambah stok vaksin COVID-19, termasuk dengan kedatangan 1,7 juta dosis vaksin AstraZeneca kali ini," kata Usman melalui pernyataan tertulis yang diterima Health Liputan6.com pada Selasa, 30 November 2021.

Program vaksinasi telah berlangsung hampir setahun. Hingga saat ini, berdasarkan data Kementerian Kesehatan, lebih dari 138 juta penduduk telah divaksinasi, dengan 94 jutaan di antaranya telah  lengkap divaksinasi dua dosis.

"Banyaknya jumlah penduduk Indonesia membuat target sasaran untuk mencapai herd immunity (kekebalan komunal) juga tinggi, yaitu sekitar 208 juta penduduk," lanjut Usman.

"Lancarnya kedatangan vaksin, membuat upaya percepatan dan perluasan program vaksinasi jadi lebih optimal. Hal ini juga seiring langkah Pemerintah meningkatkan capaian vaksinasi di daerah-daerah."

 

** #IngatPesanIbu 

Pakai Masker, Cuci Tangan Pakai Sabun, Jaga Jarak dan Hindari Kerumunan.

Selalu Jaga Kesehatan, Jangan Sampai Tertular dan Jaga Keluarga Kita.

#sudahdivaksintetap3m #vaksinmelindungikitasemua

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 3 halaman

Gencarkan Vaksinasi Nasional di Seluruh Penjuru Negeri

Sebagaimana arahan Presiden Joko Widodo (Jokowi), Usman Kansong menambahkan, setiap vaksin COVID-19 bentuk jadi yang telah datang, akan langsung secepatnya didistribusikan ke berbagai daerah di Indonesia.

Tujuanya, agar program penyuntikan vaksin berjalan lancar dan lebih cepat. Jokowi juga mendorong agar vaksinasi lansia terus ditingkatkan. Sebagaimana data dari Satgas Penanganan COVID-19 kelompok ini yang paling berisiko tinggi atau sekitar 46 persen kematian dari kelompok lansia.

"Karena itu, Pemerintah terus menggencarkan program vaksinasi nasional di seluruh penjuru negeri," tambah Usman.

Selain jaminan ketersediaan stok vaksin COVID-19 dan upaya percepatan vaksinasi, Pemerintah juga terus memberikan edukasi kepada masyarakat, khususnya bagi yang masih ragu dan enggan  divaksinasi.

Usman menegaskan, vaksinasi menjadi pelindung terhadap ancaman virus COVID-19 yang telah bermutasi beberapa kali ini.

"Jangan ambil risiko dengan menganggap pandemi telah berakhir. Tetap menjaga dan menjalankan protokol kesehatan," tegasnya.

3 dari 3 halaman

Infografis 3 Paket Ampuh Lawan Covid-19

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.