Sukses

Hindari Konsumsi 5 Buah Ini Saat Jalani Diet Keto

Buah yang perlu dihindari saat menjalani diet keto.

Liputan6.com, Jakarta - Diet keto merupakan diet yang menerapkan pola makan tinggi lemak, protein, dan rendah karbohidrat. Awalnya, jenis diet ini diciptakan untuk penderita diabetes.

Saat ini, diet keto menjadi pilihan yang digemari oleh banyak orang dalam melakukan diet penurunan berat badan. Perlu diketahui, diet ini menggunakan prinsip ketosis yang berarti tubuh menggunakan lemak sebagai sumber energi utama untuk mengganti karbohidrat.

Pada umumnya, dalam melaksanakan diet, buah menjadi menu sehari-hari. Dilansir klikdokter, Selasa (30/11/21) Namun, lain halnya dengan diet keto, pelaku diet tidak boleh sembarangan dalam memilih buah.

Buah-buahan tertentu menjadi pantangan bagi pelau diet keto. Pasalnya, buah yang mengandung karbohidrat malah akan mencegah tubuh memsuki fase ketosis, berikut adalah beberapa buat pantangan diet keto.

 

* Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 7 halaman

1. Mangga

Mangga termasuk buah yang mengandung cukup banyak karbohidrat sehingga dapat menghambat tubuh memasuki tahapan ketosis.

Pada umumnya, asupan karbohidrat bagi pelaku diet keto diturunkan kurang dari 50 gram per hari, bahkan sampai 20 gram per hari. Namun, satu buah mangga bisa mengandung 44 gram karbohidrat.

3 dari 7 halaman

2. Pisang

Pisang mengandung lebih dari 20 gram karbohidrat. Sebaiknya, hindari konsumsi pisang bagi seseorang yang menjalankan diet keto untuk menurunkan berat badan.

Seseorang yang telah mencapai target berat badannya, baru diizinkan untuk menaikkan kadar karbohidrat yang dikonsumsinya dan diperbolehkan untuk mengonsumsi pisang sesekali.

4 dari 7 halaman

3. Jeruk

Jeruk juga termasuk pantangan diet keto, satu buah jeruk mengandung kurang lebih 12 gram karbohidrat.

Walaupuk kaya akan vitamin C dan nutrisi lainnya, namun kandungan gula dan karbohidrat yang terpada pada jeruk perlu dihindari saat menjalani diet keto.

5 dari 7 halaman

4. Pir

Buah pir mengandung karbohidrat dan gula yang cukup tinggi. Sebab itu, sebaiknya pir tidak dikonsumsi saat menjalani diet keto.

Satu buah pir yang berukuran sedang, terdapat setidaknya 27 gram karbohidrat dan 17 gram gula.

6 dari 7 halaman

5. Nanas

Perlu diketahui bahwa buah nanas tidak cocok untuk diet keto karena mengandung kadar gula yang cukup tinggi. Dalam 165 gram nanas terdapat karbohidrat sebanyak 22 gram.

Sebab itu, buah ini perlu dihindari saat menjalani diet keto.

 

Penulis: Alicia Salsabila

7 dari 7 halaman

Infografis 5 Alasan Diet Tidak Berjalan Lancar

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.