Betah Menjomblo, Anda Bisa Saja Aromantis

Oleh Melly Febrida pada 30 Nov 2021, 06:00 WIB
Diperbarui 30 Nov 2021, 06:00 WIB
[Bintang] Sumpah Para Jomblo: Aku Berjanji Nggak Nangis kalau Mantan Nikah!
Perbesar
Jomblo bahagia. (Ilustrasi: kellyminter.com)

Liputan6.com, Jakarta Tak semua orang merasakan jatuh cinta. Ada orang yang tertarik secara fisik tapi tak merasakan ketertarikan secara romantis kepada orang lain. Bahkan, ada orang aromantis tidak mau menikah, lebih betah jomblo.

"Menjadi aromantis dapat berarti hal yang berbeda untuk orang yang berbeda, tetapi sering didefinisikan sebagai tidak mengalami ketertarikan romantis atau tidak tertarik untuk membentuk hubungan romantis," kata seorang profesor studi wanita, gender, dan seksualitas di Wake Forest Universitas, Kristina Gupta, PhD, dilansir dari Insider pada Selasa, 30 November 2021.

Seseorang yang aromantis ini bisa saja tertarik secara fisik dengan orang lain, tetapi tidak naksir. Orang ini bisa juga tidak ingin melakukan hal-hal yang berhubungan dengan romansa, seperti berbagi tempat tidur atau menikah.

Orang aromantis dapat memiliki ikatan platonis yang erat dan merasakan ketertarikan fisik, tetapi mereka biasanya tidak naksir atau menginginkan hubungan romantis.

 

Scroll down untuk melanjutkan membaca

Tanda Seseorang Aromantis

Bahkan, apabila Anda berada di spektrum aromantis, Anda mungkin mengalami kesulitan berhubungan dengan film atau buku romantis. Anda mungkin juga merasakan ketertarikan hanya dalam keadaan tertentu.

Ada beberapa tanda utama bahwa seseorang mungkin aromantis menurut Gupta:

1. Anda tidak menemukan hubungan romantis yang menarik.

2. Anda mengalami kesulitan memahami cerita tentang hubungan romantis.

3. Anda secara fisik tertarik pada orang, tetapi Anda tidak naksir.

4. Anda mengembangkan hubungan yang kuat dengan orang lain, tetapi Anda tidak ingin melakukan hal-hal yang berhubungan dengan romansa seperti berbagi tempat tidur, berciuman, atau menikah.

"Aromantisisme dapat bekerja dengan cara yang berbeda untuk orang yang berbeda," kata Gupta.

 

Scroll down untuk melanjutkan membaca

Selanjutnya

Beberapa orang aromantis mungkin tidak menginginkan pasangan dan hanya tertarik untuk memiliki hubungan dekat dengan teman dan keluarga. Orang aromantis lainnya mungkin tertarik pada hubungan non-romantis yang berkomitmen, kadang-kadang disebut hubungan queerplatonic.

"Hubungan queerplatonic seringkali merupakan persahabatan yang melibatkan lebih banyak komitmen dan/atau keintiman daripada apa yang secara budaya 'normal' untuk sebuah persahabatan," kata Gupta.

Ini bisa berarti tinggal bersama pasangan, berbagi keuangan, atau bahkan memiliki anak bersama, semuanya tanpa hubungan romantis.

Orang aromantis mungkin tidak selalu merasa dimengerti oleh teman dan keluarga mereka. Jika seseorang yang dekat dengan Anda aromantis, Gupta menawarkan beberapa langkah yang dapat Anda ambil untuk mendukungnya.

"Pertama, percayalah - jika mereka memberi tahu Anda bahwa mereka aromantis, percayalah bahwa mereka aromantis," kata Gupta.

Biarkan mereka tahu bahwa Anda mendukung mereka dan menerima mereka apa adanya.

Scroll down untuk melanjutkan membaca

Infografis 4 Zodiak Mudah Jatuh Cinta dengan Sahabat

Infografis 4 Zodiak Mudah Jatuh Cinta dengan Sahabat
Perbesar
Infografis 4 Zodiak Mudah Jatuh Cinta dengan Sahabat. (Liputan6.com/Lois Wilhelmina)
Lanjutkan Membaca ↓

POPULER

Berita Terkini Selengkapnya