Sukses

6 Manfaat Lidah Buaya Bagi Kecantikan dan Kesehatan

Inilah mengapa lidah buaya sangat bermanfaat bagi kesehatan dan juga kecantikan

Liputan6.com, Jakarta - Lidah buaya dikenal memiliki beragam manfaat bagi kesehatan dan kecantikan. Sehingga tidak heran jika tanaman ini sering digunakan untuk mengatasi berbagai gangguan kesehatan, mulai dari penyakit kulit hingga sembelit.

Salah satu manfaat lidah buaya yang paling populer belakangan adalah melembapkan kulit. Terbukti dari banyaknya produk kecantikan yang menjadikan lidah buaya sebagai bahan alami untuk mengatasi kulit kering.

Selain itu, masih banyak manfaat lidah buaya untuk kesehatan yang sayang untuk dilewatkan. Dikutip dari Medical News Today dan NDTV pada Selasa, 30 November 2021, berikut ragam manfaat lidah buaya yang bisa Anda dapatkan.

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 5 halaman

1. Menurunkan kadar gula darah

Lidah buaya berpotensi menjadi 'obat' diabetes karena sebuah penelitian menunjukkan bahwa konsumsi ekstrak lidah buaya setiap hari dapat membantu menurunkan kadar gula darah pasien diabetes tipe 2.

Meski demikian, penggunaannya harus berhati-hati karena jika dikonsumsi bersamaan dengan obat diabetes, glukosa darah dapat turun dalam jumlah yang tinggi sehingga malah bisa membahayakan kesehatan.

2. Mempercepat penyembuhan luka

Banyak penelitian menunjukkan bahwa mengoleskan gel atau krim lidah buaya ke kulit dapat mempercepat proses penyembuhan luka bakar derajat ringan (derajat 1 dan 2).

Bahkan, sebuah penelitian menemukan bahwa lidah buaya lebih efektif dibandingkan salep yang biasa diresepkan untuk luka bakar ringan.

3 dari 5 halaman

3. Menghilangkan jerawat

Mengoleskan gel lidah buaya di pagi dan sore hari, bersamaan dengan obat anti-jerawat yang telah diresepkan mampu mengurangi jerawat hingga sekitar 35 persen.

Hal ini dikarenakan lidah buaya memiliki kandungan asam salisilat dan senyawa antiseptik lain di dalamnya yang dapat membantu membunuh bakteri penyebab jerawat.

4. Mengatasi kulit kering

Lidah buaya terbukti dapat membantu mengatasi kulit kering. Pasalnya, dalam lidah buaya terkandung mineral, enzim, antioksidan, vitamin A, C, dan E yang baik untuk menguatkan lapisan pelindung kulit sehingga mampu membuat kulit menjadi lebih lembap.

4 dari 5 halaman

5. Meredakan gatal dan ruam kronis

Menurut penelitian, menggunakan obat kumur yang mengandung gel lidah buaya sebanyak 3 kali sehari selama 3 bulan bisa membantu mengurangi rasa gatal dan ruam pada mulut. Khasiat yang sama juga bisa didapatkan jika gel lidah buaya dioleskan sebanyak 2 kali sehari selama 2 bulan pada kulit.

Penggunaan krim dengan kandungan lidah buaya juga dikatakan dapat mengurangi plak kulit yang timbul akibat psoriasis. Namun penelitian lebih lanjut masih perlu dilakukan.

6. Melancarkan buang air besar

Lateks pada gel lidah buaya diketahui dapat menjadi obat pencahar. Namun, penggunaannya harus dilakukan secara hati-hati karena juga bisa menyebabkan efek samping berupa diare.

 

Reporter: Lianna Leticia

 

5 dari 5 halaman

Infografis 5 Tips Tidur Malam Berkualitas di Masa Pandemi Covid-19

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.