Satgas COVID-19 Raih Penghargaan People of The Year 2021

Oleh Fitri Haryanti Harsono pada 26 Nov 2021, 18:00 WIB
Diperbarui 26 Nov 2021, 18:00 WIB
Wiku Adisasmito
Perbesar
Juru Bicara Satgas Penanganan COVID-19 Wiku Adisasmito menyebut prinsipnya aturan PPKM pada In Mendagri ini masih sama dengan In Mendagri No. 1 dan 2 saat konferensi pers di Kantor Presiden Jakarta, Selasa (9/2/2021). (Biro Pers Sekretariat Presiden)

Liputan6.com, Jakarta Satgas Penanganan COVID-19 meraih penghargaan 'People of The Year 2021' kategori Innovative Governmental Organizations. Ajang penghargaan tersebut digelar Metro TV pada Rabu, 24 November 2021 untuk ditujukan kepada sosok-sosok tangguh yang memerangi COVID-19.

Koordinator Tim Pakar dan Juru Bicara Satgas Penanganan COVID-19 Wiku Adisasmito yang menerima langsung penghargaan mengucapkan terima kasih atas apresiasi yang diberikan. Hal ini disampaikan Wiku melalui unggahan di akun Instagram pribadinya pada Kamis, 25 November 2021.

Menurut Wiku Adisasmito, penghargaan 'People of The Year 2021' kepada Satgas COVID-19 sebagai bentuk amanah untuk terus melanjutkan perjuangan melawan COVID-19. Berbagai upaya Satgas dalam mengeluarkan aturan protokol kesehatan (prokes ) perjalanan dalam dan luar negeri hingga sosialisasi perubahan perilaku gencar dilakukan.

Tak lupa, Guru Besar Fakultas Kesehatan Masyarakat (FKM) Universitas Indonesia ini berterima kasih atas kepemimpinan Kepala Badan Nasional Penanggulangan Bencana (BNPB) sekaligus Ketua Satgas COVID-19 periode sebelumnya, yakni Doni Monardo dan Ganip Warsito. Penghargaan pun ditujukan kepada dua jenderal tersebut.

"Saya mewakili Ketua Satgas Penanganan COVID-19 dan juga sekaligus Kepala BNPB, Bapak Mayor Jenderal TNI Suharyanto, yang tidak bisa hadir pada hari ini, mengucapkan terima kasih kepada Metro TV dan seluruh juri," kata Wiku sesaat setelah menerima penghargaan.

"Sebenarnya penghargaan ini adalah untuk seluruh Satgas, tidak hanya di nasional tetapi juga di daerah, para pimpinan di provinsi kabupaten/kota sampai dengan kelurahan dan desa yang telah bekerja keras kerja awal di bulan Maret tahun 2020 atas kepemimpinannya Letjen TNI Doni monardo, kemudian dilanjutkan oleh Letjen TNI Ganip Warsito, yang semuanya membuahkan hasil yang sekarang kita nikmati bersama."

 

** #IngatPesanIbu 

Pakai Masker, Cuci Tangan Pakai Sabun, Jaga Jarak dan Hindari Kerumunan.

Selalu Jaga Kesehatan, Jangan Sampai Tertular dan Jaga Keluarga Kita.

#sudahdivaksintetap3m #vaksinmelindungikitasemua

Scroll down untuk melanjutkan membaca

Rutin Rapat Koordinasi Penanganan COVID-19

JPO Tanpa Atap Sudirman Ramai Dikunjungi di Masa PPKM Level 3
Perbesar
Warga berkumpul diatas JPO tanpa atap di Jakarta, Minggu (12/9/2021). Kasus baru positif Covid-19 di Indonesia per Minggu (12/9) bertambah sebanyak 3.779 kasus Jumlah tersebut membuat total kasus virus corona sejak awal pandemi mencapai 4.167.511 kasus. (Liputan6.com/Faizal Fanani)

Penghargaan 'People of The Year 2021' dalam penanganan COVID-19, menurut Wiku Adisasmito juga berkat seluruh dukungan media hingga relawan. Satgas COVID-19 pun rutin melakukan rapat koordinasi setiap hari Minggu.

"Ini adalah hasil bersama kita semuanya, terutama media yang mendukung para relawan di seluruh pelosok Indonesia, BNPB dan BPBD yang ada di seluruh wilayah Indonesia telah bekerja sama. Mohon maaf, kami setiap hari Minggu mengadakan rapat koordinasi dan sekarang sudah menjadi kebiasaan seminggu bisa beberapa kali rapat koordinasi," ujarnya.

"Dan akhirnya membuahkan penanganan kasus yang baik sekali lagi. Terima kasih kepada seluruh rakyat Indonesia yang bisa bekerja sama dengan kami semuanya. Semoga kita sukses bersama."

Adapun petikan lengkap Wiku Adisasmito usai menerima Penghargaan 'People of The Year 2021' yang diunggah dalam Instagram pribadinya, sebagai berikut:

Menjadi perwakilan KaSatgas dan KaBNPB, Mayjen TNI Suharyanto untuk menerima perhargaan simbolis kepada Satgas COVID-19 dan BNPB sebagai Innovative Governmental Organizations adalah sebuah kebanggaan tersendiri. Penghargaan yang dipercayakan oleh segenap Dewan Juri dan Tim Metro TV adalah bentuk amanah besar bagi kami untuk terus melanjutkan estafet perjuangan, bahkan lebih baik dalam menanganani kebencanaan kedepannya termasuk pandemi COVID-19.

Seyogyanya penghargaan ini adalah hasil kerja keras seluruh elemen negara dan bangsa yang rela berkorban untuk penanganan COVID-19. Tidak lupa kami persembahkan juga penghargaan ini untuk dua ketua/kepala kami yang setia mengomandoi sejak awal pandemi COVID-19 yang sudah melakukan sumbangsih yaitu Letnan Jenderal Doni Monardo dan Letnan Jenderal Ganip Warsito.

Terakhir saya sampaikan, bahwa perjuangan kita belum berakhir. Kita berharap perkembangan kasus di Indonesia yang semakin baik ini tetap bertahan bahkan pasca periode Nataru yang seringkali menimbulkan lonjakan kasus. Saya hendak mengajak seluruh masyarakat Indonesia membuktikan kepada dunia bahwa Indonesia mampu dengan baik mengendalikan kasus karena kekuatan kita bergotong royong, Terimakasih.

Scroll down untuk melanjutkan membaca

Infografis Ayo Dukung Percepatan Vaksinasi Covid-19, Bantu Mereka yang Belum

Infografis Ayo Dukung Percepatan Vaksinasi Covid-19, Bantu Mereka yang Belum. (Liputan6.com/Abdillah)
Perbesar
Infografis Ayo Dukung Percepatan Vaksinasi Covid-19, Bantu Mereka yang Belum. (Liputan6.com/Abdillah)
Lanjutkan Membaca ↓

POPULER

Berita Terkini Selengkapnya