Sukses

WHO Ingatkan agar Tak Terjebak Rasa Aman Palsu dari Vaksinasi

Sudah mendapatkan vaksin COVID-19 dosis lengkap bukan berarti Anda kebal dari infeksi virus Corona.

Liputan6.com, Jakarta Bos Badan Kesehatan Dunia (World Health Organization/WHO) mengingatkan bahwa pandemi COVID-19 belum berlalu. Sudah mendapatkan vaksin COVID-19 dosis lengkap bukan berarti Anda kebal dari infeksi virus Corona.

Hal itu disampaikan Direktur Jenderal WHO, Tedros Adhanom, dalam briefing di Jenewa, Swiss, Rabu kemarin.

Tedros melihat saat ini masih banyak orang yang merasa kebal dari COVID-19 usai divaksin COVID-19. Itu adalah pemikiran yang salah alias merasa rasa aman palsu dari vaksinasi. Orang-orang tersebut berpikir ketika sudah divaksinasi tidak perlu melakukan hal pencegahan lain.

"Kami khawatir tentang rasa aman palsu dari vaksin. Orang-orang ini berpikir ketika sudah divaksinasi tidak perlu melakukan tindakan pencegahan lainnya," kata Tedros kepada wartawan ditulis Kamis (25/11/2021).

"Vaksinasi menyelamatkan nyawa tapi tidak sepenuhnya mencegah penularan," katanya.

Lebih lanjut, Tedros mengingatkan bahwa meski Anda sudah divaksinasi COVID-19 dosis lengkap tindakan pencegahan tetap perlu dilakukan.

"Sesudah divaksinasi, lanjutkan dengan upaya pencegahan. Hal ini mencegah orang lain terinfeksi dan mencegah orang lain meninggal karena penyakit ini," katanya.

 

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 3 halaman

Kehadiran Varian Delta Terhadap Efek Vaksin COVID-19

Tedros mengatakan seseorang yang sudah divaksinasi COVID-19 tetap bisa tertular dan menularkan virus SARS-CoV-2. Sebelum ada varian Delta, vaksin COVID-19 bisa mengurangi penularan hingga 60 persen. Namun, ketika Delta hadir mengurangi penularan 40 persen.

"Meski begitu, tetap saja kita mesti lakukan upaya pencegahan penularan," kata Tedros.

3 dari 3 halaman

Infografis Tertib Protokol Kesehatan Covid-19, Lawan Hoaksnya!

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.