Sukses

4 Tanda Bayi Siap Mulai MPASI

Selain usia, perlu juga diperhatikan tanda siap makan MPASI pada bayi.

Liputan6.com, Jakarta - Saat Air Susu Ibu (ASI) eksklusif tidak dapat 100 persen memenuhi kebutuhan nutrisi bayi, pada sekitar usia enam bulan bisa dimulai pemberian Makanan Pendamping ASI (MPASI).

Pada umumnya, MPASI bisa dimulai saat bayi berusia enam bulan. Namun, bila ada indikasi medis dan tanda bahwa bayi siap makan, dokter bisa saja menyarankan pemberian MPASI setelah bayi berusia lebih dari empat bulan. 

"Pemberian MPASI yang ideal itu ketika bayi berusia sekitar enam bulan, ketika ia sudah mendapatkan ASI eksklusif. Atau bisa juga di atas empat bulan, jadi lebih maju tapi tidak apa (asal mendapat rekomendasi dokter)," kata dokter spesialis anak Pingkan Palilingan kepada Health-Liputan6.com, Selasa, 23 November 2021.

Selain usia, perlu juga diperhatikan tanda siap makan MPASI pada bayi. Berikut seperti disampaikan dokter Pingkan:

1. Ada kontrol kepala sehingga kepala bayi tetap tegak dan stabil saat didudukkan.

2. Sudah bisa duduk walau dengan bantuan.

3. Refleks menjulurkan lidah sudah berkurang atau melemah.

4. Tertarik terhadap makanan ketika orang lain makan.

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 3 halaman

Tips agar Lancar MPASI

Pingkan mengingatkan bila sudah memulai MPASI, orangtua atau pengasuh mesti paham dalam pengelolaan pemberian MPASI. Syarat pemberian MPASI adalah adekuat artinya MPASI harus dapat memenuhi kebutuhan zat gizi mikro dan zat gizi makro bayi sesuai usianya.

Selain itu, berikut tips lain dari dokter Pingkan terkait MPASI:

1. Jadwal makan harus teratur

"Jadwal makan jangan berubah-ubah, nanti bayi bingung. Jadwal makan dibuat agar anak mengenal konsep kenyang dan lapar. Misalnya dia sudah lapar enggak dikasih makan tapi ketika kenyang dikasih makan. Hal ini membuat bayi bingung," katanya.

2. Jangan diberi minum terlalu banyak

"Jangan dikasih banyak minum baru makan, nanti bayi bisa kenyang duluan. Jadi, biarkan makan dulu baru minum," kata dokter lulusan Fakultas Kedokteran Universitas Indonesia memberi saran.

3. Jangan paksa anak makan

"Jangan memaksa anak makan nanti bisa trauma atau stres sang bayi. Hal ini bikin dia setiap makan enggak happy," katanya.

4. Waktu makan maksimal 30 menit

"Batasi waktu makan antara 15-30 menit. Kalau waktunya sudah habis ya harus setop jangan bikin lama jadi satu jam. 30 menit belum habis ya sudahi. Karena selanjutnya bakal masuk makanan atau susu," ujarnya.

5. Suasana makan harus happy baik bayi dan ibu/ayah atau pengasuh

3 dari 3 halaman

Infografis 8 Cara Cegah Bayi Baru Lahir Tertular Covid-19

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.