Sukses

Anak Ingin Terus Main Tidak Mau Pulang, Lakukan 5 Hal Ini

Cara mudah mengatasi anak yang tidak mau pulang ke rumah

Liputan6.com, Jakarta - Si Kecil enggan diajak pulang? Situasi ini pasti sering para orang tua rasakan ketika anak mereka sedang bermain di tempat bermain atau tempat menyenangkan lainnya.

Tapi Anda tidak perlu khawatir lagi saat menghadapi situasi seperti itu.

Berikut beberapa tips yang akan membantu Anda mencegah anak Anda mengamuk setiap kali waktunya pulang, dilansir dari Bright Side.

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 7 halaman

1. Beri Mereka Pilihan

Alih-alih hanya menyatakan fakta bahwa mereka harus berhenti bersenang-senang dan pergi, coba ulangi pernyataan itu dengan menawarkan mereka pilihan.

Pertanyaan tersebut seharusnya menyiratkan bahwa Anda harus pergi, tetapi terdengar seperti mereka yang membuat keputusan di sini.

3 dari 7 halaman

2. Buatlah Ritual

 Anda bisa memilih beberapa hal menyenangkan yang bisa ia lakukan sebelum meninggalkan sebuah tempat. Misalnya membeli makanan kesukaannya saat perjalanan pulang. Atau jika sudah waktunya meninggalkan taman bermain, Anda dapat meminta mereka untuk memotret tempat favorit mereka di sana.

Kebiasaan ini akan membuatnya juga merasa bahagia ketika diajak untuk pulang.

4 dari 7 halaman

3. Berikan Contoh

Ketika hampir waktunya untuk pergi dan Anda melihat bahwa anak sedang bersenang-senang melakukan suatu kegiatan, bergabunglah di dalamnya. Kemudian, setelah sekitar 10 menit, berhenti melakukannya dan katakan sudah waktunya untuk pergi.

Ini akan memudahkan karena mereka akan melihat bahwa Anda telah melakukan hal yang sama seperti mereka, dan sekarang Anda berdua harus pergi.

5 dari 7 halaman

4. Ajukan Pertanyaan Ini kepada Mereka

Tanyakan kepada anak Anda, “Apa hal terakhir yang ingin Anda lakukan sebelum pulang ke rumah?”.

Alasan pertanyaan ini mungkin berhasil adalah karena ini memberi tahu mereka bahwa sudah waktunya untuk pergi. Namun, itu juga berarti bahwa mereka tidak harus segera pergi, yang lebih baik daripada harus pergi tiba-tiba, mungkin mengganggu beberapa aktivitas.

Pertanyaan ini juga membuat anak Anda bertanggung jawab untuk membuat satu keputusan terakhir, yang dapat membantu mereka merasa mengendalikan situasi.

6 dari 7 halaman

5. Beri Tahu Mereka Apa yang harus Mereka Nantikan

Meninggalkan tempat yang menyenangkan memang membosankan, tetapi bisa menjadi kurang membosankan jika sesuatu yang menyenangkan menunggu mereka setelahnya.

Jadi, ketika Anda memberi tahu anak Anda bahwa sudah waktunya untuk pergi, sebutkan aktivitas menyenangkan yang dapat mereka lakukan ketika mereka tiba di rumah, yang dapat membantu mengalihkan perhatian mereka.

 

Reporter: Lianna Leticia

7 dari 7 halaman

Infografis 4 Tips Pakai Hand Sanitizer untuk Jaga Kebersihan Tangan Cegah Covid-19

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.