Sukses

Panduan Diet Sehat bagi Penderita GERD

Bagi penderita GERD, pola makan perlu diatur jika sedang melaksanakan program diet

Liputan6.com, Jakarta - GERD atau biasa disebut penyakit asam lambung dapat menyerang siapa saja. Bagi penderita GERD perlu memerhatikan pola makan atau diet agar tidak terus kambuh.

Perlu diperhatikan diet yang dapat memicu kambuhnya GERD. Dengan menu makan harian yang baik, nantinya dapat mengurangi gejala seperti mulas, regurgitasi (cairan yang naik ke atas lambung), dan gejala gerd lainnya.

Dilansir klikdokter, Jumat (19/11/21) makanan berlemak, cokelat, peppermint, dan alkohol dinilai memperburuk gejala gerd. Cokelat harus dihindari karena memiliki kadar lemak yang tinggi serta kafein.

Tomat dapat memperburuk gejala dengan meningkatkan keasaman lambung. Selain itu bisa juga mengiritasi lapisan esofagus yang rusak.

Perlu diingat, makanan yang dapat menyebabkan gerd kambuh diantaranya, produk susu berlemak tinggi, daging berlemak, serta daging olahan seperti burger atau hot dog.

 

* Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 3 halaman

Tips Diet dengan Pola Makan Sehat

  • Makan Sedikit tapi Sering

Sebaiknya, pelaku diet dengan penderita gerd mengonsumsi lebih sedikit makanan tapi intensitasnya lebih sering untuk mengurangi tekanan di perut.

  • Jangan Langsung Berbaring Setelah Makan

Berposisi badan tegak selama 2-3 jam setelah makan dapat mengurangi risiko terjadi refluks.

  • Makan untuk Menjaga Berat Badan yang Sehat

Tidak makan berlebihan dan berhenti sebelum kenyang untuk menghilangkan sumber tekanan yang ada dalam perut.

 

Penulis: Alicia Salsabila

3 dari 3 halaman

Infografis 5 Alasan Diet Tidak Berjalan Lancar

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.