Sukses

Penyebab Munculnya Gigi Saat Lahir seperti Bayi Mecca Putri Arief Muhammad

Youtuber Arief Muhammad kembali dianugerahi seorang anak yang lahir pada tanggal cantik 11-11-2021.

Liputan6.com, Jakarta Anak Youtuber Arief Muhammad lahir pada tanggal cantik 11-11-2021 lalu.

“Alhamdulillah, lahir dengan sehat dan menggemaskan di tanggal cantik 11-11 tahun ini. Kenalin, Mecca Ayu Amanjiva,” tulis Arief dalam unggahan Instagram pribadinya.

Selain tanggal lahir, kondisi bayi Mecca cukup unik karena memiliki dua gigi saat lahir. Terkait kedua gigi ini, dokter spesialis gigi anak Anrizandy Narwidina, mengatakan bahwa gigi yang lebih cepat tumbuh dapat terjadi karena beberapa faktor. Mulai dari keturunan hingga berat badan saat lahir yang tinggi.

Kondisi ini dapat ditandai dengan kehadiran gigi yang biasa disebut natal teeth (gigi natal) dan neonatal teeth. Gigi natal sudah tumbuh sejak lahir, sedang gigi neonatal tumbuh 30 hari setelah lahir.

“Gigi neonatal sering kali sangat goyang karena akar yang tidak berkembang dan ditandai dengan jaringan gusi sering membengkak dan permukaan punggung lidah mengalami luka,” kata Anrizandy kepada Health Liputan6.com melalui pesan suara, Senin (15/11/2021).

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 4 halaman

Mengatasi Gigi Prematur

Mahasiswi Ph.D dari Pediatric Dentistry Japan ini menambahkan, munculnya gigi natal dan neonatal atau disebut pula gigi prematur dapat diatasi dengan pencabutan.

Pencabutan gigi prematur dilakukan terutama jika mengganggu proses pemberian makan atau menyusui. Pencabutan juga perlu dilakukan jika gigi melukai lidah.

“Pengobatan lidah dapat dilakukan dengan pemberian obat yang direkomendasikan oleh dokter yang memeriksa.”

Gigi natal sebetulnya merupakan rangkaian gigi normal dan bukan gigi berlebih, katanya. Kebanyakan gigi natal terjadi pada gigi seri bawah.

“Jika memang mengganggu proses menyusui lebih baik diambil, sebaiknya konsultasikan kepada dokter spesialis gigi anak,” tambahnya.

3 dari 4 halaman

Menurut Ahli Lain

Senada dengan Anrizandy, dokter gigi spesialis kedokteran gigi anak Stella Lesmana mengatakan bahwa sebanyak 90 persen natal atau neonatal teeth ini adalah gigi susu yang tumbuh dini. Dokter gigi akan mengevaluasi terlebih dulu apakah gigi yang tumbuh perlu dicabut atau tidak.

“Gigi akan dicabut  jika mengganggu proses menyusui baik membuat si bayi sulit menyusu atau mengganggu ibu (menimbulkan rasa sakit) saat menyusui apalagi biasanya natal atau neonatal teeth tumbuh pada area depan rahang bawah.”

“Yang terpenting jangan sampai gigi tersebut menghambat asupan nutrisi bagi bayi. Jika demikian maka harus dilakukan pencabutan gigi. Sebaiknya bawalah ke dokter gigi spesialis anak dan jangan lupa infokan jika bayi memiliki kelainan darah,” pungkasnya.

4 dari 4 halaman

Infografis 8 Cara Cegah Bayi Baru Lahir Tertular COVID-19

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.