Sukses

Hindari Tidur Siang Berlebih Ketika Sedang Diet, Ini Penjelasannya

Tidur siang dapat berisiko kenaikan berat badan bagi pelaku diet.

Liputan6.com, Jakarta - Kebanyakan orang jika memiliki waktu luang pada siang hari, biasanya keinginan untuk tidur siang muncul. Namun, ternyata tidur siang seharusnya dihindari ketika sedang dalam program diet.

Tak bisa dipungkiri, rasa ngantuk memang sering datang di siang hari. Dilansir Klikdokter, Rabu (17/11/21) terdapat sebuah penelitian yang menunjukkan kasus bahwa tidur siang dapat meningkatkan kemungkinan obesitas.

Perlu diketahui, tidur kurang dari 5 jam di malam hari memiliki risiko obesitas yang lebih tinggi dibandingkan dengan tidur 7 jam dan lebih dari 8 jam.

Menurut dr. Dyah Novita Anggraini, tidur siang memang bukan faktor utama seseorang mengalami kenaikan berat badan. Seseorang yang sedang diet perlu mengetahui hal ini untuk mencegah kenaikan berat badan.

 

* Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 4 halaman

Penyebab Kenaikan Berat Badan karena Tidur Siang

"Jadi, tidur siang yang menyebabkan kenaikan berat badan itu bukan karena tidur siangnya, tapi karena biasanya orang habis makan langsung tidur siang. Inilah yang menjadi penyebab kenaikan berat badan." kata dr. Dyah Novita.

Penyebab dasar kenaikan berat badan seseorang bila sering tidur siang karena energi yang masuk dari kalori dan energi yang keluar lewat aktivitas fisik tidak seimbang.

Karena kurang aktivitas, kalori yang menumpuk akan berubah menjadi lemak. Sebab itu, diet perlu dilakukan dengan mengonsumsi makanan yang sehat diseimbangin dengan aktivitas yang rutin seperti olahraga.

3 dari 4 halaman

Tips Tidur Siang yang Bermanfaat

Anda tetap bisa tidur siang dengan mengikuti beberapa tips ini yang dapat memberi manfaat untuk kesehatan.

  • Batasi Jam Tidur Siang

Jangan terlalu lama untuk tidur siang karena akan mengakibatkan kepala pusing dan tidak konsentrasi. Cukup tidur selama 15-20 menit.

  • Cari Tempat untuk Tidur yang Nyaman

Cari posisi tidur senyaman mungkin, dalam ruangan gelap atau penutup mata.

  • Iringin dengan Musik

Mendengarkan musik saat tidur dapat merelaksasikan pikiran.

 

Penulis: Alicia Salsabila

4 dari 4 halaman

Infografis 5 Alasan Diet Tidak Berjalan Lancar

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.