Sukses

Sambut Libur Nataru, Menkes Budi Ingatkan 4 Hal Cegah Lonjakan COVID-19

Cegah lonjakan COVID-19 masa libur Natal dan Tahun Baru (Nataru).

Liputan6.com, Jakarta Sambut libur Natal 2021 dan Tahun Baru 2022, Menteri Kesehatan RI Budi Gunadi Sadikin mengingatkan masyarakat untuk mencegah lonjakan COVID-19. Apalagi belajar dari tahun lalu, setelah libur panjang, lonjakan kasus COVID-19 terjadi.

"Sebentar lagi, kita akan menyambut libur Natal dan Tahun Baru. Mengingat pengalaman yang lalu, kita belajar bahwa lonjakan kasus COVID-19 terjadi setelah libur panjang, ketika mobilitas meningkat dan banyak orang berkumpul bersama," pesan Budi Gunadi saat sambutan Festival Kesehatan Astra 2021 pada Selasa, 16 November 2021.

"Karena itu, saya mengingatkan kepada kita semua, pertama, agar tetap disiplin memakai masker. Kedua, segeralah divaksin jika belum divaksin. Ketiga, gunakan aplikasi PeduliLindungi ketika berada di ruang publik. Keempat, tetap jaga jarak."

Untuk upaya penanganan pandemi COVID-19, lanjut Budi Gunadi Sadikin, Indonesia terus melakukan perbaikan agar pandemi menjadi terkendali. Strategi penanganan pandemi yang dilakukan oleh Pemerintah difokuskan kepada empat strategi.

"Satu, strategi deteksi dengan meningkatkan tes epidemiologi dan skrining, meningkatkan rasio kontak erat  yang dilacak dan meningkatkan surveilans genomic. Kedua, strategi terapeutik, yaitu dengan menyediakan tempat tidur 30-40 persen dari total kapasitas rumah sakit dan mengerahkan tenaga cadangan," lanjutnya.

"Strategi ketiga, percepatan vaksinasi pada seluruh masyarakat sasaran. Strategi keempat, perubahan perilaku dengan implementasi Pemberlakuan Pembatasan Kegiatan Masyarakat (PPKM) berlevel dan pemanfaatan teknologi digital dalam implementasi protokol kesehatan."

 

** #IngatPesanIbu 

Pakai Masker, Cuci Tangan Pakai Sabun, Jaga Jarak dan Hindari Kerumunan.

Selalu Jaga Kesehatan, Jangan Sampai Tertular dan Jaga Keluarga Kita.

#sudahdivaksintetap3m #vaksinmelindungikitasemua

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 3 halaman

Kasus COVID-19 Terus Turun

Adanya keempat strategi penanganan pandemi COVID-19, menurut Budi Gunadi Sadikin, hal itu berdampak signifikan terhadap penurunan kasus COVID-19 di Tanah Air. Bahkan sudah menurun jauh sejak Indonesia dilanda gelombang kedua COVID-19.

"Kita lihat hasilnya kasus COVID-19 di Indonesia sudah menurun jauh sejak puncaknya di pertengahan tahun ini. Namun, kita perlu tetap waspada," imbuhhnya.

Di sisi lain, Menkes Budi mendorong pembangunan berkelanjutan dengan tujuan mengkampanyekan gaya hidup sehat pada seluruh lapisan masyarakat. Ini sebagai kunci sehat menjalankan aktivitas sehari-hari pada semua kelompok usia pada masa pandemi COVID-19.

"Saya berharap semoga masyarakat Indonesia tanpa mengenal batas usia, menjadikan pola hidup sehat, seperti layaknya udara yang terus dibutuhkan untuk menopang kehidupan," harapnya.

"Karena sejatinya dengan menciptakan Sehat Negeriku, akan tumbuh terus Indonesia."

3 dari 3 halaman

Infografis 9 Strategi Antisipasi Potensi Gelombang III Covid-19 Saat Libur Nataru

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.