Sukses

Dokter Gizi Bagikan Kunci Sehat Bebas Penuaan Dini dan Penyakit Tidak Menular

Mengonsumsi makanan sehat mencegah dari penuaan dini dan bahaya penyakit tidak menular

Liputan6.com, Jakarta - Dokter gizi komunitas Tan Shot Yen, M.hum membagikan kunci sehat agar bebas dari penuaan dini dan penyakit tidak menular (PTM).

“Pengin tahu rahasia kulit mulus, rambut bagus, badan bebas penuaan dini, bebas kanker, stroke, hipertensi, diabetes, dan penyakit jantung? Ini bukan iklan kosmetik atau obat, rahasianya di antioksidan,” katanya dalam unggahan TikTok Kementerian Kesehatan Republik Indonesia (Kemenkes RI) dikutip pada Selasa, 16 November 2021.

Menurut Tan, kunci sehat bebas penuaan dini dan PTM sudah disediakan alam. Hal tersebut adalah antioksidan yang terkandung dalam semua pangan fungsional.

Dalam video singkat, Tan memberikan beberapa contoh pangan fungsional yang dapat mencegah terjadinya penuaan dini, seperti jeruk, mangga, alpukat, dan berbagai macam lalapan.

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 4 halaman

Kandungan Pangan Fungsional

Tan, menambahkan, makanan-makanan tinggi antioksidan memiliki kandungan yang baik seperti:

- Vitamin A.

- Vitamin C.

- Polifenol.

"Makanan tinggi antioksidan kaya akan kandungan vitamin A, Vitamin C, polifenol, dan mineral yang badan kita butuhkan," katanya.

Dalam kehidupan sehari-hari, lanjutnya, setiap orang khususnya yang sering berkegiatan di luar rumah pasti sering terkena polusi atau radikal bebas.

“Makanan-makanan sehat, segar, utuh yang kita makan sehari-hari itu bisa menangkal radikal bebas," ujarnya.

3 dari 4 halaman

Sehat adalah Hak Semua Orang

Edukasi terkait konsumsi pangan kaya antioksidan dilatarbelakangi pandangan Tan terkait kesehatan yang berhak dimiliki oleh setiap orang.

“Sehat, bebas penuaan dini dan penyakit tidak menular adalah hak semua orang,” katanya.

Terlebih, berbagai buah dan sayur yang kaya antioksidan sangat mudah didapatkan di Indonesia. Bahkan, Tan menyebut bahwa Indonesia adalah gudangnya.

“Negeri kita gudangnya. Jangan sampai cuma buat komoditi ekspor. Bikin orang asing sehat, badan kita melarat. Yuk kita hidup sehat mulai dari sekarang,” Tan menambahkan.

4 dari 4 halaman

Infografis Benarkah COVID-19 Bisa Menyebar Melalui Makanan?

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.