Sukses

Rambut Rontok Terus Menerus? Kenali 3 Cara yang Bisa Jadi Solusinya

Penyebab rambut rontok ternyata beragamdan kemungkinan untuk menatanya pun akan semakin sulit.

Liputan6.com, Jakarta Menata rambut sehari-hari mungkin bisa jadi hal yang melelahkan. Apalagi jika rambut terus-menerus berjatuhan karena rontok. Ternyata, penyebab rambut rontok pun beragam lho.

"Rambut rontok ini bisa muncul karena sejumlah alasan. Dua penyebab utama adalah kerusakan dan kekeringan. Ketika rambut rusak, kering, dan rapuh itu rentan terhadap kerontokan," ujar penata rambut Sunnie Brook dikutip Bustle, Selasa (16/11/2021).

Jika rambut semakin menipis, kemungkinan bagi Anda untuk menatanya pun akan semakin sulit. Terlebih, rambut-rambut kecil atau yang dikenal dengan baby hair juga bermunculan.

"Semua baby hair di sekitar garis rambut bisa disebabkan oleh adanya kerusakan, rambut yang rontok, atau patah. Panasnya listrik yang terkena rambut biasanya jadi penyebab utamanya. Itulah mengapa rambut cenderung rontok," kata Sunnie.

Hantaran panas dari listrik entah melalui hairdryer ataupun pencatok rambut dapat menyebabkan kelembaban pada rambut menghilang. Perubahan cuaca ataupun gesekan yang terjadi pada rambut juga berpengaruh.

Lalu, apa penyebab lainnya dan bagaimana cara mengatasinya? Berikut penjelasannya.

1. Cukup terhidrasi

Menurut Sunnie, garis pertahanan bagi rambut rontok adalah kelembaban. Sehingga menjaga rambut agar tetap lembab dan terkondisi dengan baik bisa menjadi solusinya.

"Jaga rambut Anda agar tetap lembab dan terkondisi dengan kondisioner tanpa bilas dan masker rambut. Sampo dan kondisioner yang menghidrasi juga dapat membantu," kata Sunnie.

Gunakanlah produk apapun yang sesuai dengan masalah rambut Anda. Mencuci rambut atau keramas secukupnya juga dinilai dapat membantu untuk menghindari kerontokan. Ketika keramas, pijatlah sampo di atas kepala, bukan ujung rambut.

"Sampo hanya dimaksudkan untuk membersihkan kulit kepala. Begitu banyak orang menumpuk semua rambut mereka di atas kepala ketika keramas," ujar penata rambut, Mark Townsend.

"Ujung rambut sudah terkena dengan air, sehingga surfaktan (bahan pembersih dalam sampo) dapat membuatnya lebih rapuh atau mudah pecah," Mark menambahkan.

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 3 halaman

2. Hindari panas berlebih

"Penataan rambut menggunakan alat yang menghantarkan panas bukanlah teman jika Anda ingin menghindari kerontokan. Hindarilah panas pada rambut sebanyak mungkin meskipun Anda mungkin ingin menggunakannya untuk menata rambut," ujar Sunnie.

Memberikan rambut waktu untuk beristirahat dari panas dapat membantu meminimalkan kerusakan dari waktu ke waktu. Jika Anda ingin membuat gelombang atau ikal alami, guntinglah rambut dengan model yang dapat meningkatkan tekstur.

3. Sikat kerontokan

Meskipun terdengar asing, menyikat rambut rontok dengan cara yang tepat ternyata juga bisa membantu. Mark menyarankan untuk menggosoknya dengan sikat seukuran sikat gigi dengan bulu alami atau polyester.

"Bulu sikat plastik tidak akan berfungsi karena alkohol didalam hairspray akan melelehkannya. Semprotkan hairspray langsung ke atasnya, lalu sikat rambut rontok ke arah bawah," kata Mark.

Namun, jika Anda memiliki rambut keriting, hindari hairspray berbahan alkohol dan gunakan lotion atau gel yang tahan lama untuk mempertahankan kelembaban rambut. Terlebih, teknik satu ini juga bisa menghaluskan rambut kusut tanpa membebaninya. 

3 dari 3 halaman

Infografis

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.