Sukses

Hindari Makanan dan Minuman Ini Bila Ingin Batuk Cepat Sembuh

Bila Anda sedang mengalami batuk dan ingin cepat sembuh, pastikan untuk menghindari beberapa makanan dan minuman ini.

Liputan6.com, Jakarta Masalah batuk tidak bisa dianggap sepele, karena sering kali mengganggu aktivitas sehari-hari. Belum lagi, kita akan membuat orang di sekitar menjadi tidak nyaman dan terganggu.

Dikutip dari KlikDokter, batuk merupakan mekanisme alami tubuh untuk membersihkan dan mengeluarkan benda asing dari dalam saluran pernapasan. Selain itu batuk juga adalah reaksi alami saluran pernapasan yang mengalami iritasi, baik infeksi maupun alergi.

Bila Anda sedang mengalami batuk dan ingin cepat sembuh, selain istirahat cukup dan mengonsumsi obat yang tepat, pastikan untuk menghindari beberapa makanan dan minuman seperti di bawah ini.

1. Keripik

Karena diproses dengan cara digoreng, keripik bisa menjadi makanan yang membuat batuk semakin parah. Minyak yang menempel di keripik berisiko mengiritasi tenggorokan. Keripik saja harus dihindari, apalagi makanan jenis gorengan lainnya.

2.  Kue Manis

Bukan hanya makanan yang diproses dengan cara digoreng dan mengandung minyak, makanan yang mengandung gula juga perlu dihindari. Gula yang terkandung dalam kue manis dapat menyebabkan tenggorokan semakin gatal dan mengiritasi.

3. Jeruk Peras

Boleh makan jeruk karena banyak vitamin C di dalamnya. tapi pastikan itu tidak terlalu asam. Sebab jeruk yang asam dapat menyebabkan refluks asam yang memicu batuk-batuk.

 

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 2 halaman

Makanan dan Minuman yang Harus Dihindari

4. Makanan Cepat Saji

Penggunaan minyak yang banyak dalam proses memasak makanan cepat saji jadi alasan utama makanan ini harus dihindari.

5. Kopi dan teh

Kopi mengandung kafein yang bersifat diuretik. Kandungan tersebut dapat menyebabkan tubuh menjadi dehidrasi sehingga akan semakin memicu batuk.

Seperti halnya kopi, teh juga mengandung kafein. Oleh sebab itu, Anda sebaiknya menghindari konsumsi teh saat sedang mengalami batuk.

6. Produk olahan susu

Makanan dan minuman yang diolah dari bahan dasar susu dapat meningkatkan produksi lendir dan membentuk dahak, yang akhirnya menyebabkan peradangan di tenggorokan semakin parah.

7. Alkohol

Berbagai risiko kesehatan bisa dipicu oleh alkohol, termasuk memperparah kondisi batuk yang diderita. Minuman yang mengandung alkohol sebaiknya dihindari ketika sedang batuk karena dapat menyebabkan dehidrasi.

Pastikan Anda menjauhi daftar asupan yang telah disebutkan di atas. Jika batuk tidak membaik, sebaiknya periksakan diri Anda ke dokter.

 

(*)

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Terkini