Sukses

Lahir di Tanggal Cantik dan Punya 2 Gigi, Arief Muhammad Siap Kadoin Bayi Mecca Mobil Langka

Bayi Mecca putrinya Arief Muhammad lahir di tanggal cantik dan dikaruniai dua gigi

Liputan6.com, Jakarta Kabar gembira datang dari Youtuber Arief Muhammad yang kembali dianugerahi seorang anak tepat pada tanggal cantik 11-11-2021.

“Alhamdulillah, lahir dengan sehat dan menggemaskan di tanggal cantik 11-11 tahun ini. Kenalin, Mecca Ayu Amanjiva,” kata Arief Muhammad dalam unggahan di akun Instagram pribadinya.

Tak hanya lahir di tanggal cantik, bayi Mecca juga sempat membuat dokter kaget serta takjub karena telah memiliki dua gigi ketika dilahirkan. Kondisi seperti ini lazim disebut dengan natal teeth.

“Ada yang unik ketika Mecca lahir. Dokter kaget karna lahir-lahir sudah ada 2 gigi. Kata Dokter ini kejadian yang lumayan langka," tulisnya.

“Hmm.. lahir di tanggal bagus, dianugerahi gigi yang langka, kayaknya harus dikasih kado mobil yang langka-langka juga nggak sih?” tambahnya.

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 4 halaman

Terkait Dua Gigi Mecca

Terkait gigi Mecca yang telah muncul saat lahir, dokter gigi spesialis kedokteran gigi anak Stella Lesmana menjelaskan bahwa gigi ini disebut natal teeth.

Selain natal teeth juga ada neonatal teeth, yaitu gigi yang tumbuh dalam rentang waktu 30 hari pasca kelahiran. Natal teeth atau gigi natal tiga kali lebih sering terjadi dibandingkan neonatal teeth.

“Penyebabnya masih diteliti namun diduga penyebabnya antara lain posisi benih gigi yang memang letaknya lebih dekat ke permukaan gusi, demam tinggi, gangguan hormon, infeksi, malnutrisi, dan kondisi kehamilan ibu yang kurang sehat,” kata Stella melalui pesan tertulis kepada Health Liputan6.com, Jumat (12/11/2021).

3 dari 4 halaman

Gigi Berlebih

Stella menambahkan, sebanyak 10 persen natal atau neonatal teeth adalah gigi yang berlebih. Dengan kata lain, jika dicabut akan tumbuh lagi gigi susu yang sebenarnya.

Namun, sebanyak 90 persen natal atau neonatal teeth ini adalah gigi susu yang tumbuh dini. Dokter gigi akan mengevaluasi terlebih dulu apakah gigi yang tumbuh perlu dicabut atau tidak.

“Gigi akan dicabut  jika mengganggu proses menyusui baik membuat si bayi sulit menyusu atau mengganggu ibu (menimbulkan rasa sakit) saat menyusui apalagi biasanya natal atau neonatal teeth tumbuh pada area depan rahang bawah.”

“Yang terpenting jangan sampai gigi tersebut menghambat asupan nutrisi bagi bayi. Jika demikian maka harus dilakukan pencabutan gigi. Sebaiknya bawalah ke dokter gigi spesialis anak dan jangan lupa infokan jika bayi memiliki kelainan darah,” pungkasnya.

4 dari 4 halaman

Infografis 5 Tips Pakai Masker Cegah COVID-19 untuk Anak

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.