Sukses

Keberhasilan Lawan Malaria Jadi Tonggak Awal Pencetusan Hari Kesehatan Nasional

Inilah secuil cerita terkait Hari Kesehatan Nasional yang berawal dari Malaria

Liputan6.com, Jakarta - Hari Kesehatan Nasional (HKN) diperingati pada 12 November setiap tahunnya. Tahukah bahwa HKN tercetus karena permasalahan malaria yang pernah menghantui Indonesia?

Yaps, pencetusan Hari Kesehatan Nasional bermula pada 1950-an, ketika penyakit malaria banyak diderita masyarakat Indonesia.

Ratusan ribu jiwa terenggut akibat malaria. Karena itulah pemerintah melakukan program pemberantasan malaria di seluruh penjuru Tanah Air.

Guna mencapai hal tersebut, pada 1959 dibentuklah Dinas Pembasmian Malaria yang pada bulan Januari 1963 berubah namanya menjadi Komando Operasi Pemberantasan Malaria (KOPEM).

Pembasmian malaria dilakukan dengan menggunakan insektisida Dichloro Diphenyl Trichloroethane (DDT) yang disemprotkan secara massal ke rumah-rumah di seluruh Jawa, Bali, dan Lampung.

Penyemprotan secara simbolis dilakukan oleh Presiden Ke-1 RI Ir Soekarno pada 12 November 1959 di Desa Kalasan, Sleman, Yogyakarta. 

Akhirnya, Hari Kesehatan Nasional pertama diperingati pada 12 November 1964 guna memeringati keberhasilan pemberantasan malaria tersebut.

 

** #IngatPesanIbu 

Pakai Masker, Cuci Tangan Pakai Sabun, Jaga Jarak dan Hindari Kerumunan.

Selalu Jaga Kesehatan, Jangan Sampai Tertular dan Jaga Keluarga Kita.

#sudahdivaksintetap3m #vaksinmelindungikitasemua

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 3 halaman

Harapan Menkes

Sebagai tanda peringatan Hari Kesehatan Nasional 2021 Menteri Kesehatan Republik Indonesia (Menkes RI) Budi Gunadi Sadikin menyampaikan harapannya.

Ia berharap, HKN dapat dijadikan momen untuk terus berkolaborasi dalam menghadapi pandemi COVID-19.

“Selamat Hari Kesehatan Nasional ke-57, semoga ini dapat menjadi momentum untuk kita terus berkolaborasi dalam menghadapi pandemi COVID-19,” katanya dalam keterangan tertulis, Jumat (12/11/2021).

“Jalan kita masih panjang, terus berjuang untuk mewujudkan sehat negeriku, tumbuh Indonesiaku,” pungkasnya.

 

 

 

3 dari 3 halaman

Infografis 6 Cara Hindari COVID-19 Saat Bepergian dengan Pesawat

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.