Sukses

Lagu Lawas Galih dan Ratna Jadi Cara untuk Sampaikan Pesan Soal Masker dan Vaksin

Lagu menjadi salah satu cara kreatif untuk ingatkan masyarakat terkait masker dan vaksin.

Liputan6.com, Jakarta - Kasus aktif COVID-19 di Indonesia perlahan mulai terkendali. Namun berbagai pencegahan untuk mengantisipasi adanya gelombang ketiga pun terus dilakukan. Salah satunya melalui cara kreatif berupa lagu yang akrab di telinga masyarakat, "Galih dan Ratna".

Lagu tersebut tentu sudah akrab di telinga masyarakat Indonesia sejak dahulu kala. Kini di tengah pandemi, lagu itupun akhirnya diaransemen kembali oleh musisi Dody Isnaini dan Musica Studio's. Lirik lagu juga diubah agar sesuai dengan pesan yang ingin disampaikan yakni soal masker dan vaksin.

"Pada bulan September itu, terjadi klaster di anak sekolah, ada 1900 sekian. Saya terpikir bagaimana membuat sebuah lagu yang juga bisa mencakup orang-orang tua," ujar Dody dalam talkshow Dua Sejoli: Masker dan Vaksin, Rabu (10/11/2021).

"Lagu Galih dan Ratna ini uniknya sampai sekarang bahkan nadanya masih kekinian. Anak-anak umur SMP, SMA, dan umur 40-50 sudah sangat familiar dengan lagu ini," tambahnya.

Lagu ini juga dinilai tepat untuk menyampaikan pesan pada masyarakat yang kini semakin lengah terhadap protokol kesehatan (prokes). Serta, bisa lebih mengajak masyarakat untuk mau divaksinasi dengan cara yang lebih manis dan hangat. 

Kampanye lewat lagu inipun dilakukan bersama-sama dengan Satuan Tugas (Satgas) COVID-19. Menurut Ketua Bidang Komunikasi Satgas COVID-19 Hery Trianto, meskipun kasus aktif COVID-19 di Indonesia sedang rendah, kitapun tidak boleh lengah.

"Seperti yang selalu diingatkan oleh Presiden Joko Widodo (Jokowi), kita tidak boleh jemawa. Jadi situasinya ini masih pandemi, sehingga kita tidak harus lengah menjalankan prokes. Kedua, tentu saja sambil menjaga penularan rendah saat ini, kita juga harus secepatnya menjalankan vaksinasi," ujar Hery yang turut hadir dalam acara tersebut.

"Karena dua hal ini memang sangat efektif dalam mencegah penularan dan menurunkan angka kematian, yang mana sesuai dengan kampanye kita saat ini bagaimana dua hal ini (masker dan vaksin) yang harus disatukan," tambahnya.

 

** #IngatPesanIbu 

Pakai Masker, Cuci Tangan Pakai Sabun, Jaga Jarak dan Hindari Kerumunan.

Selalu Jaga Kesehatan, Jangan Sampai Tertular dan Jaga Keluarga Kita.

#sudahdivaksintetap3m #vaksinmelindungikitasemua

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 3 halaman

Sesuai kondisi

Layaknya dua sejoli, masker dan vaksin pun tak boleh terpisahkan. Berikut lirik lagu Galih dan Ratna yang telah disesuaikan dengan kondisi pandemi COVID-19.

Dua sejoli, mencari cinta

Cinta bersemi saat pandemi

Masker dan vaksin mengikat janji

Janji setia, setia abadi

Oh, masker

Oh, vaksin

Kau duet sejati

Ayo masker, ayo vaksin

Tiada yang dapat merenggut sehatmu

3 dari 3 halaman

Infografis

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.