Sukses

Hati-Hati, 155 Kabupaten/Kota Alami Kenaikan Kasus COVID-19

Meski ada peningkatan kasus COVID-19, Budi mengatakan masih sedikit jumlahnya dan terkontrol.

Liputan6.com, Jakarta Menteri Kesehatan Budi Gunadi Sadikin mengatakan ada 155 kabupaten/kota baik di Pulau Jawa dan Bali dan di luar itu mengalami peningkatan kasus COVID-19. Meski ada peningkatan Budi mengatakan masih sedikit dan terkontrol.

"Walaupun sedikit itu jadi indikasi awal untuk kita berhati-hati," kata Budi dalam update PPKM pada Senin (8/11/2021) secara daring.

Dari wilayah yang naik, Presiden Joko Widodo (Jokowi) memerintahkan Budi untuk memberi perhatian lebih pada lima provinsi terkait peningkatan kasus Corona. Yakni DKI Jakarta, Jawa Barat, Jawa Tengah, Jawa Timur dan Kalimantan Timur.

"Kalau ada kenaikan lebih cepat harus segera ditangani," kata Budi menyampaikan pesan Jokowi.

 

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 3 halaman

Kasus Corona AY.4.2 Sudah Sampai Malaysia

Di kesempatan itu, Budi juga menyampaikan bahwa varian Corona Delta Plus AY.4.2 sudah sampai Malaysia. Hingga saat ini, kata Budi, memang belum masuk Indonesia.

Mengingat negara tetangga sudah terdeteksi subvarian Delta yang menyebabkan lonjakan kasus di Inggris, maka Indonesia harus lebih ketat lagi menjaga pintu masuk. Terlebih, Indonesia bakal menjadi tuan rumah pertemuan G20 di Bali pada 2022. Serta ada banyak acara internasional digelar tahun depan di Tanah Air.

"Arahan Bapak Presiden, khususnya kota-kota yang jadi host G20 harus dijaga dengan benar. Harus diperhatikan dengan hati-hati," pesan Budi.

3 dari 3 halaman

Infografis Beda Bahaya Covid-19 Varian Delta dengan Delta Plus

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.