Sukses

Mengenang Vanessa Angel, Ibu Tangguh yang Memerah ASI untuk Gala Saat Dipenjara

Vanessa Angel tetap memompa Air Susu Ibu (ASI) untuk Gala saat dipenjara November 2020

Liputan6.com, Jakarta - Aktris film televisi Vanessa Angel telah berpulang ke rumah Tuhan untuk selama-lamanya. Namun, ada banyak kepingan kehidupan Vanessa yang tetap diingat masyarakat. Salah satunya, perjuangan Vanessa tetap memompa Air Susu Ibu (ASI) saat dia dipenjara beberapa waktu lalu.

Pada November 2020, Vanessa Angel dapat putusan pidana berupa hukuman penjara terkait kasus kepemilikan psikotropika. Saat putusan itu dijatuhkan, Vanessa tengah memiliki anak tiga bulan bernama Gala Sky Ardiansyah.

Dia harus menyusui anaknya tapi hukuman penjara menantinya. Namun, Vanessa Angel tak patah arang. Dia tetap berusaha memberikan ASI untuk Gala. Setiap hari, dia memompa ASI dari bui.

Saat itu, setiap hari, sang suami Bibi Ardiansyah harus ke penjara untuk mengambil ASI yang diperah Vanessa.

"Jadi, setiap hari mesti ke penjara ambil ASI dia (Vanessa) jam 5 sore. Itu aku setiap hari," cerita Bibi saat berbincang dengan Luna Maya dalam TS Talk dikutip Jumat (5/11/2021).

 

 

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 4 halaman

Perjuangan

Kondisi psikis yang tertekan karena dipenjara membuat produksi ASI Vanessa tidak sebanyak yang diharapkan. Walau begitu, tak jadi soal bagi Bibi untuk mengambil ASI dan memberikannya ke Gala.

"ASI-nya cuma sedikit, karena dia kepikiran, stres kan. Jadinya, ASI cuma sedikit," lanjut Bibi yang juga dalam obrolan itu hadir bersama Vanessa.

Mengingat jumlah ASI sedikit tapi Gala harus mendapatkan asupan makanan, maka diberikan juga susu formula.

Selama Vanessa dipenjara, Bibi mengasuh Gala dari pagi hingga pagi. 

"Itu the lowest point dalam hidup aku. Aku harus jadi ibu dan ayah. Kalau siang aku kerja harus bawa dia, aku belanja juga ikut," cerita Bibi ke Luna Maya.

Setelah Vanessa rampung menyelesaikan tanggung jawabnya, ia kembali berkumpul bersama Bibi dan Gala. Vanessa pun melihat kini anaknya tumbuh menjadi sosok pengertian dan murah senyum.

"Dia anak pengertian, enggak rewel. Jadi aku ajak kerja, ke mana aja enggak nangis. Happy baby," cerita Vanessa ke Luna. 

3 dari 4 halaman

Dapat Tanggapan dari AIMI

Melihat kondisi Vanessa Angel saat itu, Asosiasi Ibu Menyusui Indonesia (AIMI) melayangkan surat ke Menteri Hukum dan HAM RI, Yasonna Laoly serta Menteri Kesehatan RI yang menjabat yakni Terawan Agus Putranto.

Dalam surat bertanggal 27 November 2020, AIMI menyebutkan bahwa pemberian ASI merupakan hak bagi ibu dan anak yang juga dilindungi oleh Undang-Undang Nomor 36 Tahun 2009 tentang Kesehatan Pasal 128. Begini bunyinya:

Setiap bayi berhak mendapatkan air susu ibu eksklusif sejak dilahrikan selama enam bulan, kecuali atas indikasi medis. Pemerintah harus mendukung ibu bayi secara penuh dengan penyediaan waktu dan fasilitas khusus.

Hal di atas tidak bisa didapatkan Vanessa Angel dan anak serta kasus serupa lainnya.

"Permasalahannya, hak-hak tersebut tidak bisa diperoleh ibu dan anak secara optimal jika sang ibu tengah menjalani pidana penjara seperti yang belakangan ini menjadi pemberitaan Vanessa Angel," kata Ketua Umum AIMI, Nia Umar dalam surat tersebut.

4 dari 4 halaman

Infografis

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.