Sukses

Alasan Aroma Mulut Tak Sedap Saat Bangun Tidur

Padahal malamnya sudah menyikat gigi, tapi kok saat bangun tidur mulut masih saja berbau. Apa sebabnya?

Liputan6.com, Jakarta - Saat bangun tidur, yang suka membuat orang minder itu aroma mulut yang tidak sedap. Padahal malamnya sudah menyikat gigi, tapi kok saat bangun tidur mulut masih saja berbau. Apa sebabnya?

Dalam buku The Science of Living, Dr Stuart Farrimond, seorang dokter yang juga penulis buku kesehatan, menjelaskan penyebab pagi hari mulut berbau itu adalah gerombolan mikroba yang hidup di mulut Anda.

Menurut Farrimond, kelenjar di pipi dan mulut pada siang hari menghasilkan satu liter air liur yang menakjubkan. Air liur ini mengandung sejumlah molekul pembunuh mikroba bersama bahan kimia pelindung gigi sehingga mikroba jahat menjadi tidak berbahaya.

“Saat Anda tidur, aliran ini berkurang menjadi tetesan kecil dan mulut Anda menjadi kering, memungkinkan mikroba berkembang biak dan menempel pada gigi Anda - menciptakan lapisan plak,” jelas Farrond.

Saat itulah mikroba berpesta dengan sisa makanan dan gula yang tersisa dari hari tersebut, mereka mengeluarkan gas yang berbau busuk yang menyebabkan bau mulut yang tidak sedap di pagi hari.

 

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 3 halaman

Mulut Terbuka

Ada lagi yang makin memperparah bau mulut, yakni tidur dengan mulut terbuka. Napas Anda akan berbau jika hidung tersumbat oleh pilek atau demam.

“Menyikat gigi membantu (pasta gigi mint menutupi bau) dan sarapan pagi merangsang produksi air liur,” katanya.

3 dari 3 halaman

Infografis Jangan Jenuh 6M Meski Sudah Vaksinasi

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.